Potensi Pariwisata Maluku Dorong Pertumbuhan Bisnis Hotel

Kompas.com - 02/03/2020, 18:41 WIB
Anak-anak bermain bola di tepi Pantai Natsepa, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Sabtu (22/6/2013). Pantai Natsepa merupakan salah satu lokasi wisata di Kota Ambon dan Maluku Tengah yang banyak dikunjungi, terutama saat liburan sekolah. KOMPAS/RADITYA HELABUMIAnak-anak bermain bola di tepi Pantai Natsepa, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Sabtu (22/6/2013). Pantai Natsepa merupakan salah satu lokasi wisata di Kota Ambon dan Maluku Tengah yang banyak dikunjungi, terutama saat liburan sekolah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Provinsi Maluku. Zamrud Khatulistiwa di Timur Indonesia yang kaya dengan potensi wisata bahari, ekowisata, pariwisata cagar budaya dan sejarah.

Pantai, taman nasional, dan pemandangan alam, adalah sumber daya yang dapat dikembangkan dan dikelola ke depan.

Termasuk pantai pasir putih yang terkenal, Pantai Ngurbloat, yang membentang sepanjang lima kilometer.

Bahkan National Geographic menobatkannya sebagai "pantai pasir putih terbaik di Asia". Namun, Ngurbloat hanyalah salah satu pantai wisata utama Maluku, selain Pasir Panjang dan Natsepa, yang juga dianggap eksotik karena pasir putih dan latar belakang langit biru.

Baca juga: 2019, Pemerintah Bangun 28,80 Kilometer Jalan di Maluku Tenggara Barat

Dengan segala panorama ciamik ini, Maluku telah dikunjungi oleh lebih dari 115.000 orang pada tahun 2018. Rinciannya, 100.500 adalah pengunjung domestik, dan 14.300 merupakan pengunjung asing.

Terkait turis mancanegara, tak mengherankan jika populasinya terus bertambah. Hal ini karena Maluku kerap menjadi tuan rumah berbagai event internasional selama lima tahun terakhir.

Jumlah pengunjung asing tumbuh dari sebelumnya 3.500 orang pada 2013 menjadi 14.300 pada 2018, mewakili tingkat pertumbuhan tahunan gabungan atau compound annual growth rate (CAGR) 32,5 persen.

Menariknya, dari total jumlah pengunjung asing, hanya 4 persen dari negara-negara kawasan Asia Tenggara. Pasar terbesar justru dari Eropa dengan angka 68, Asia 13 persen, dan Amerika 10 persen.

Pantai Ngurbloat, pantai dengan hamparan pasir putih terhalus di dunia di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.ARSIP KEI ISLANDS Pantai Ngurbloat, pantai dengan hamparan pasir putih terhalus di dunia di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.
Pasar internasional yang tumbuh paling cepat meliputi Eropa dan Amerika, masing-masing dengan CAGR 37 persen.

Menyusul pasar ASEAN dan Asia dengan CAGR sekitar 20 persen selama lima tahun terakhir.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X