Pembangunan Infrastruktur di Sekitar Labuan Bajo Dibatasi

Kompas.com - 27/09/2019, 10:26 WIB
Pelabuhan Labuan Bajo KOMPAS.COM/DANI PRABOWOPelabuhan Labuan Bajo

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur pendukung di tiga pulau utama yang ada di sekitara kawasan Labuan Bajo, yaitu Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan Pulau Padar, akan dilakukan secara terbatas.

Hal itu dilakukan untuk menghadirkan wisata premium baik untuk turis asing maupun dalam negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Hadi Sucahyono menjelaskan, wisata premium yang ingin dihadirkan pemerintah yakni dengan mempertahankan keasrian lingkungan yang ada di ketiga wilayah ini.

Baca juga: Dukung Pariwisata Labuan Bajo, Pemerintah Bangun Jalan 141,29 Km

Dengan demikian, wisatawan tetap dapat menikmati alam tanpa khawatir pembangunan infrastruktur yang dilakukan akan merusaknya.

"Kami maunya turis yang datang ke sana itu turis premium ya. Artinya tidak merusak lingkungan, tidak mengganggu binatang," kata Hadi, Kamis (26/9/2019).

Dua pulau pertama adalah habitat bagi Komodo, yang merupakan hewan endemik pulau ini. Hewan yang diyakini telah ada sejak jaman dahulu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang bertandang ke wilayah ini.

"Jadi, penyiapan infrastrukturnya juga disesuaikan, biar tidak terlalu banyak ya (yang dibangun), supaya enggak ganggu lingkungan kan," cetus Hadi.

Sebagai contoh, pembangunan yang akan dilakukan di Pulau Rinca yakni dengan merevitalisasi gerbang masuk menuju pulau tersebut serta jalan setapak yang sudah ada.

Jalan setapak yang direvitalisasi hanyalah yang menuju kawasan tempat para ranger Komodo bertugas.

"Sisanya, jalur treking (menuju Komodo berkumpul dan bertelur) akan tetap dibuat alami. Kan ada tuh yang rutenya jauh, ada yang pendek, itu enggak kita kasih apa-apa. Biar jalannya alam saja," tutur Hadi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.