Dukung Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya, 500 Perlintasan Sebidang Disterilisasi

Kompas.com - 26/09/2019, 22:20 WIB
Perlintasan sebidang Kementerian PUPRPerlintasan sebidang

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah 500 perlintasan jalan dan kereta akan disterilisasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di sepanjang koridor Jakarta-Surabaya. 

Upaya tersebut dilakukan untuk mendukung proyek The Java Northline Upgrading project guna mengembangkan jalur kereta semi cepat

"Kami ditugasi untuk memperbaiki atau mensterilkan kurang lebih sekitar 500 perlintasan sebidang dengan jalan raya di sepanjang perlintasan rel kereta semi cepat Jakarta-Surabaya," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis (26/9/2019).

Baca juga: Perlintasan Sebidang Tanggung Jawab Siapa?

Proyek ini dikembangkan atas kerja sama antara Indonesia dan Jepang, dengan Kementerian Perhubungan sebagai executing agency dan Kementerian PUPR sebagai implementing agency

Tak hanya membebaskan, Basuki menambahkan, kementerian juga akan membangun sejumlah infrastruktur yang memang diperlukan. 

"Kami akan membangun fly over dan underpass hingga jembatan penyebrangan orang (JPO) termasuk perbaikan jalan lingkungan di sekitarnya," ujarnya.

Pembangunan proyek yang diperkirakan menelan anggaran Rp 60 triliun ini akan menggunakan teknologi dan produk dalam neger. Hal ini dilakukan selain agar lebih hemat biaya juga mempercepat pekerjaannya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X