Mau Beli Rumah Jadi? Simak Dulu 5 Hal Ini

Kompas.com - 16/09/2018, 13:00 WIB
Ilustrasi rumah Kementerian PUPRIlustrasi rumah

KOMPAS.com – Banyak kalangan mengatakan, membeli rumah sama halnya mencari jodoh. Butuh kesabaran dan ketelitian.

Namun satu hal yang perlu dipahami, pada setiap aktivitas jual beli rumah, ada proses tawar menawar.

Meski pengembang sudah memiliki harga patokan untuk setiap material yang digunakan, bukan berarti rumah tersebut tidak bisa ditawar.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untk menandatangani kontrak jual beli, ada beberapa hal yang harus dipastikan sebelum Anda mengeluarkan uang.

Berikut beberapa hal di antaranya:

1. Banyak berjalan

Bila Anda memiliki banyak uang, maka pilihan Anda untuk membeli rumah jauh lebih banyak. Namun, lain halnya bila uang yang dimiliki terbatas. Oleh karena itu jangan malas untuk berjalan menyusuri beberapa lokasi perumahan.

Biasanya, di dalam suatu kawasan terdapat sejumlah pengembang yang menawarkan proyek perumahan. Masing-masing pengembang tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Baik itu lokasi, material rumah, fasilitas, hingga harga. Nah, soal harga, jangan takut untuk menegosiasikannya dengan membandingkan antara pengembang satu dengan yang lain.

2. Manfaatkan internet

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X