Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Menarik: Hangzhou Tuan Rumah Asian Games 2022

Kompas.com - 03/09/2018, 09:16 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita terpopuler di kanal properti Kompas.com sepanjang Minggu (2/9/2018), cukup bervariatif.

Mulai dari rencana Kota Hangzhou di China yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022, rumah yang dapat dibangun dalam 28 hari, hingga rencana pembangunan terminal baru Bandara Svarabhumi.

Berikut kabar selengkapnya:

1.Stadion 5,5 Triliun Siap Sambut Asian Games 2022

Kota Hangzhou di China ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2022. Ibu Kota Provinsi Zheijiang ini diketahui sedang berkembang pesat dalam tiga tahun terakhir.

Untuk memenuhi kebutuhan kota akan ruang publik dan fasilitas olahraga termasuk untuk Asian Games, saat ini pemerintah sedang membangun Stadion Hangzhou Olympic Sports Centre.

Sebagaimana dipublikasikan Liyucsf.com, total biaya yang dikucurkan untuk pembangunan sarana olahraga ini sebesar 2,59 miliar renmimbi atau sekitar Rp 5,5 triliun. Angka itu belum termasuk harga tanah.

Gelanggang olahraga ini didirikan di selatan Sungai Qiantang dan timur Jembatan Qianjiang. Kapasitas kursi di stadion utamanya bisa menampung hingga 80.000 penonton.

Tersedia pula venue lain yang terdiri dari kolam renang, lapangan tenis, baseball, softball, hoki, atletik dalam ruangan, dan olahraga berat. Semuanya berdaya tampung sampai 18.000 kursi.

Kompleks olahraga ini menjadi salah satu stadion terbesar di China di mana ajang olahraga nasional dan internasional bisa digelar.

Baca juga: Stadion Rp 5,5 Triliun Siap Sambut Asian Games 2022

Salah satu sudut kawasan bisnis kota Hangzhou. Di kawasan bisnis ini terdapat gerai-gerai internasional yang sangat populer, seperti Gucci, Loius Vuitton, Ermenegildo Zenga, Omega, Cartier, Apple Store dan lain-lain.Hilda B Alexander/Kompas.com Salah satu sudut kawasan bisnis kota Hangzhou. Di kawasan bisnis ini terdapat gerai-gerai internasional yang sangat populer, seperti Gucci, Loius Vuitton, Ermenegildo Zenga, Omega, Cartier, Apple Store dan lain-lain.

2. Berkunjung ke Hangzhou, tuan rumah Asian Games 2022

Asian Games ke-18 telah resmi berakhir, Minggu (2/9/2018) kemarin. Negara berikutnya yang akan menjadi tuan rumah adalah China, tepatnya Kota Hangzhou.

Meski akan menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 2022, kota yang terkenal dengan danau dan kuil yang indah ini sudah mempersiapkan diri secara penuh.

Sejumlah fasilitas olahraga baru dan jalur kereta sedang dibangun. Hal ini sebagai bentuk mempercepat pembangunan kota yang telah berkembang pesat.

Salah satu venue yang dibangun yaitu Hangzhou Olympic Sports Centre. Penduduk setempat menjulukinya "teratai raksasa".

Menurut rencana, kompleks olahraga itu akan selesai pada September ini. Nantinya stadion yang ada di sana bisa menampung 80.000 orang dan menjadi area utama untuk Asian Games ke-19.

Stadion itu merupakan salah satu di antara 12 bangunan olahraga baru yang sedang dikembangkan untuk perhelatan multi-olahraga terbesar di Asia itu.

Baca juga: Berkunjung ke Hangzhou, Tuan Rumah Asian Games 2022

Rumah prefabrikasiCurbed Rumah prefabrikasi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com