Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berita Menarik: Hangzhou Tuan Rumah Asian Games 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita terpopuler di kanal properti Kompas.com sepanjang Minggu (2/9/2018), cukup bervariatif.

Mulai dari rencana Kota Hangzhou di China yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022, rumah yang dapat dibangun dalam 28 hari, hingga rencana pembangunan terminal baru Bandara Svarabhumi.

Berikut kabar selengkapnya:

1.Stadion 5,5 Triliun Siap Sambut Asian Games 2022

Kota Hangzhou di China ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2022. Ibu Kota Provinsi Zheijiang ini diketahui sedang berkembang pesat dalam tiga tahun terakhir.

Untuk memenuhi kebutuhan kota akan ruang publik dan fasilitas olahraga termasuk untuk Asian Games, saat ini pemerintah sedang membangun Stadion Hangzhou Olympic Sports Centre.

Sebagaimana dipublikasikan Liyucsf.com, total biaya yang dikucurkan untuk pembangunan sarana olahraga ini sebesar 2,59 miliar renmimbi atau sekitar Rp 5,5 triliun. Angka itu belum termasuk harga tanah.

Gelanggang olahraga ini didirikan di selatan Sungai Qiantang dan timur Jembatan Qianjiang. Kapasitas kursi di stadion utamanya bisa menampung hingga 80.000 penonton.

Tersedia pula venue lain yang terdiri dari kolam renang, lapangan tenis, baseball, softball, hoki, atletik dalam ruangan, dan olahraga berat. Semuanya berdaya tampung sampai 18.000 kursi.

Kompleks olahraga ini menjadi salah satu stadion terbesar di China di mana ajang olahraga nasional dan internasional bisa digelar.

2. Berkunjung ke Hangzhou, tuan rumah Asian Games 2022

Asian Games ke-18 telah resmi berakhir, Minggu (2/9/2018) kemarin. Negara berikutnya yang akan menjadi tuan rumah adalah China, tepatnya Kota Hangzhou.

Meski akan menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 2022, kota yang terkenal dengan danau dan kuil yang indah ini sudah mempersiapkan diri secara penuh.

Sejumlah fasilitas olahraga baru dan jalur kereta sedang dibangun. Hal ini sebagai bentuk mempercepat pembangunan kota yang telah berkembang pesat.

Salah satu venue yang dibangun yaitu Hangzhou Olympic Sports Centre. Penduduk setempat menjulukinya "teratai raksasa".

Menurut rencana, kompleks olahraga itu akan selesai pada September ini. Nantinya stadion yang ada di sana bisa menampung 80.000 orang dan menjadi area utama untuk Asian Games ke-19.

Stadion itu merupakan salah satu di antara 12 bangunan olahraga baru yang sedang dikembangkan untuk perhelatan multi-olahraga terbesar di Asia itu.

3. Bisa ditiru, bangun rumah cuma 28 hari

Memang, rumah tidak bisa dibangun dalam kurun waktu semalam. Tapi rumah prefabrikasi ini, dapat dibangun dalam waktu kurang dari sebulan.

Adalah firma arsitek Artur Casas yang bekerja sama dengan perusahaan rekayasa konstruksi SysHaus yang mendesain rumah prefab di Sao Paolo, Brasil. Rumah ini diketahui dapat dibangun hanya dalam waktu 28 hari.

Dirancang sebagai rumah ramah lingkungan, seluruh material bangunan dapat didaur ulang. Selain itu, ada sejumlah teknologi ramah lingkungan lainnya yang diterapkan pada rumah seluas 204 meter persegi ini.

Misalnya, teknologi pengolahan air hujan, biodigester yang mengubah limbah menjadi gas untuk dapur dan perapian, serta atap hijau yang dilapisi panel surya.

4. Akhir tahun, Tol Wilangan-Kertosono tersambung

Pekerjaan fisik Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Seksi Wilangan-Kertosono kini telah mencapai 78,6 persen. Sementara, pembebasan lahannya sudah rampung 100 persen.

PT Jasamarga Ngawi Kertosono hingga kini masih berupaya menyelesaikan konstruksi interchange Nganjuk dan sejumlah pekerjaan lainnya.

Pekerjaan itu merupakan pengalihan pekerjaan dari proyek Wilangan-Kertosono yang konstruksinya dikerjakan oleh pemerintah dan dikenal dengan istilah Government of Indonesia (GOI).

“Kami mendapat pengalihan pekerjaan dari proyek GOI berupa konstruksi Interchange Nganjuk, Ramp 1, Ramp 2, Ramp 4, dan main road di IC Nganjuk (STA 153+750 sampai 154+300),” ujar Direktur Utama PT JNK Iwan Moedyarno melalui keterangan tertulis, Minggu (2/9/2018).

Seluruh konstruksi tol ini ditargetkan rampung akhir tahun ini, sehingga dapat dioperasikan awal tahun depan.

5. Terminal baru Bandara Svarnabhumi dilengkapi air terjun

Tim arsitek asal Thailand, DBALP, memenangkan kompetisi untuk merancang desain terminal baru Bandara Svarnabhumi. Nantinya, terminal baru ini akan dilengkapi dengan hutan dan air terjun di dalamnya.

Nantinya, hutan di dalam terminal tersebut akan terbentang di area seluas 16.132 meter persegi, dan dirancang sebagai pertunjukkan langsung bagi pengunjung untuk mewariskan sistem ekologi tropis alami.

Guna mewujudkannya, DBALP akan bekerja sama dengan sejumlah pihak seperti Nikken Sekkei, EMS Consultants, MHPM, MSE, dan Konsorsium ARJ.

The Airport of Thailand (AOT) atau dewan bandara Thailand telah menyetujui proposal ini dan kini tender tengah disusun.

https://properti.kompas.com/read/2018/09/03/091606121/berita-menarik-hangzhou-tuan-rumah-asian-games-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke