Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke Hangzhou, Tuan Rumah Asian Games 2022

Kompas.com - 02/09/2018, 17:46 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asian Games ke-18 di Indonesia berakhir pada hari ini, Minggu (2/9/2018). Negara berikutnya yang akan menjadi tuan rumah adalah China, tepatnya Kota Hangzhou.

Meski akan menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 2022, kota yang terkenal dengan danau dan kuil yang indah ini sudah mempersiapkan diri secara penuh.

Sejumlah fasilitas olahraga baru dan jalur kereta sedang dibangun. Hal ini sebagai bentuk mempercepat pembangunan kota yang telah berkembang pesat.

Salah satu venue yang dibangun yaitu Hangzhou Olympic Sports Centre. Penduduk setempat menjulukinya "teratai raksasa".

Menurut rencana, kompleks olahraga itu akan selesai pada September ini. Nantinya stadion yang ada di sana bisa menampung 80.000 orang dan menjadi area utama untuk Asian Games ke-19.

Stadion itu merupakan salah satu di antara 12 bangunan olahraga baru yang sedang dikembangkan untuk perhelatan multi-olahraga terbesar di Asia itu.

Seorang warga setempat bernama Mao Xiu Tao yang rumahnya hanya berjarak sepelemparan batu dari stadion itu mengatakan, Asian Games adalah ajang akbar yang sudah dia nantikan sejak dia bersama keluarga pindah ke rumah barunya pada tahun 2016.

"Ketika kami membeli rumah ini, kami sudah menunggu datangnya Asian Games. Saya tidak akan menunda untuk membelinya karena misalnya nanti ada ketidaknyamanan di jalan," kata Mao, seperti diberitakan Channelnewsasia.com, Minggu (2/9/2018).

Pembangunan Hangzhou Olympic Sports Centre di China. Channelnewsasia.com / Olivia Siong Pembangunan Hangzhou Olympic Sports Centre di China.
Stadion berstandar olimpiade itu terletak di Qianjiang Century, distrik baru di Hangzhou, yang saat ini konstruksinya masih berlangsung.

Kota ini dilengkapi dengan perkantoran dan apartemen kelas atas sebagai bagian dari strategi urbanisasi terbaru kota ini untuk mengembangkan daerah sekitar Sungai Qiantang sepanjang 235 kilometer.

Setelah selesai, area tersebut akan menjadi pusat komersial dan bisnis baru bersama dengan pengembangan proyek lainnya, yaitu Qianjiang New City di seberang sungai.

Arena permainan juga melengkapi kompleks itu yang menjadi bagian dari transformasi wilayah.

Pemerintah setempat mengatakan, salah satu pertimbangan saat mendesain fasilitas olahraga itu adalah fungsinya selama dan setelah Asian Games berakhir.

Sebagai contoh, rencana terhadap Asian Games Village yang akan mengakomodasi sekitar 10.000 atlet dan ofisial pada 2022 akan diubah menjadi perpustakaan, museum, dan pusat aktivitas anak muda.

Para ahli mengatakan, distrik itu baru akan membuat Hangzhou lebih kompetitif dan mengurangi beban kegiatan di pusat kota sebelumnya. Kota itu dibangun di sekitar Danau Barat yang dikenal sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com