Lima Gedung Tertinggi di Indonesia hingga 2020

Kompas.com - 17/07/2018, 23:00 WIB
Cakrawala Jakarta, Indonesia. Hilda B Alexander/Kompas.comCakrawala Jakarta, Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta terus membangun, kendati bisnis properti masih belum siuman dari pingsan panjangnya.

Hal ini dibuktikan dengan proses konstruksi beberapa megaproyek bernilai triliunan Rupiah yang masih terus berjalan.

Salah satunya adalah Thamrin Nine di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. Di dalam kompleks pengembangan properti multifungsi seluas 5,2 hektar ini terdapat pencakar langit bernama Thamrin Nine Tower 1.

Supertall ini akan mengangkasa 333,5 meter yang mencakup 70 lantai. Jika kelak rampung pembangunannya dan beroperasi pada 2020 mendatang, maka Thamrin Nine Tower 1 akan menjadi pencakar langit tertinggi di Indonesia.

Berikut daftar lima pencakar langit paling jangkung di Tanah Air hingga 2020. Tiga di antaranya masih dalam tahap konstruksi:

1. Thamrin Nine Tower 1

Thamrin Nine Complex, Thamrin, Jakarta Pusat.dokumen Putragaya Wahana Thamrin Nine Complex, Thamrin, Jakarta Pusat.
Dikembangkan oleh PT Putragaya Wahana dalam kompleks Thamrin Nine seluas 5,2 hektar. Tingginya 333,5 meter mencakup 70 lantai dengan fungsi hotel Waldorf Astoria dan perkantoran.

Thamrin Nine Tower 1 dijadwalkan tutup atap (topping off) pada 2019 dan beroperasi 2020.

Indonesia One North TowerChina Sonangol Indonesia One North Tower
2. Indonesia One North Tower

Pengembang proyek raksasa ini adalah China Sonangol International. Indonesia One North Tower dirancang oleh Mercurio Design Lab dengan tinggi 303 meter yang meliputi 64 lantai.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X