Probowangi, Calon Tol Terpanjang di Indonesia

Kompas.com - 08/06/2018, 12:02 WIB
Lokasi proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi. Dokumentasi PT Jasamarga Probolinggo BanyuwangiLokasi proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi.

SURABAYA, KOMPAS.com -  Tol Probolinggo-Banyuwangi atau biasa disebut sebagai Probowangi, akan menjadi tol terpanjang di Indonesia jika kelak sempurna terbangun.

Jalan bebas hambatan ini dirancang sepanjang 172,90 kilometer. Lebih panjang 56,15 kilometer dari Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) milik PT Lintas Marga Sedaya yang membentang 116,75 kilometer.

Tidak saja terpanjang, dari sisi investasi pun, tol ini mencatat rekor baru yakni senilai Rp 23,391 triliun.

Baca juga: Serunya Menjajal Jalur Mudik Tol Trans Jawa

Tol Probowangi merupakan titik akhir dari jaringan Tol Trans Jawa yang menghubungkan tiga kabupaten yakni Probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi.

Posisinya yang berada di ujung timur Pulau Jawa menjadi sangat strategis sebagai gerbang distribusi logistik, barang, jasa, dan manusia dari timur ke barat.

Foto udara bakal lokasi proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (6/6/2018). Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi direncanakan terbagi menjadi tiga seksi yaitu meliputi Seksi I Probolinggo-Besuki (46,1 km), Seksi II Besuki-Curahkalak (59,5 km), dan Seksi III Curahkalak-Ketapang (66,4 km) dan ditargetkan selesai akhir tahun 2019.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara bakal lokasi proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (6/6/2018). Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi direncanakan terbagi menjadi tiga seksi yaitu meliputi Seksi I Probolinggo-Besuki (46,1 km), Seksi II Besuki-Curahkalak (59,5 km), dan Seksi III Curahkalak-Ketapang (66,4 km) dan ditargetkan selesai akhir tahun 2019.
Mafhum jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Tol Probowangi dapat rampung konstruksinya dan beroperasi pada 2019 mendatang.

“Akhir 2019 dari Merak-Banyuwangi harus sudah operasional. Saya minta Menteri BUMN dan Menteri PUPR mewujudkannya,” kata Jokowi usai meresmikan Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang, Kamis (7/6/2018).

Dengan demikian, Merak-Banyuwangi dapat tersambung oleh Tol Trans Jawa sehingga aktivitas perjalanan lebih efektif dan efisien. Tidak saja menghemat waktu, tenaga, juga ongkos perjalanan.

Terhadap target yang ditetapkan Jokowi, PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) menyatakan kesiapannya. 

"Kami siap mengerjakan jalan tol ini. Sesuai dengan time schedule yang telah ditetapkan, yakni 24 bulan sejak Surat Perintah Mulai Kerja atau 7 hari setelah serah terima lahan," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Probolinggo-Banyuwangi Dominicus Hari Pratama kepada Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, Jumat (8/6/2018).

Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X