Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Ke Sukabumi Bisa Mudik Lewat Tol

Kompas.com - 07/06/2018, 17:03 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menyiapkan infrastruktur jalan tol untuk membantu kelancaran arus mudik tahun 2018 ini.

Salah satunya yang disiapkan yaitu Jalan Tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 kilometer.
Saat ini pengerjaan untuk Seksi 1 Ciawi-Cigombong/Lido sepanjang 15,35 kilometer sudah selesai dan akan dibuka secara fungsional.

Baca juga: Serunya Menjajal Jalur Mudik Tol Trans Jawa

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas tol Seksi 1 ini sudah rampung dan tinggal penyelesaian fasilitas tambahan.

"Seksi 1 ini panjangnya sekitar 15 kilometer, jalannya sudah jadi, tinggal aksesori saja. Akan dibuka fungsional setelah Jumatan besok oleh kepolisian," ujar Basuki Hadimuljono di lokasi, Kamis (7/6/2018).

Dia menambahkan, sebelumnya Kakorlantas Polri sudah mengecek ke sini dan dinyatakan bahwa jalan tol ini sudah laik fungsi.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 dikerjakan oleh kontraktor PT Trans Jabar Tol, anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Basuki melanjutkan, setelah Seksi 1 ini akan diteruskan pengerjaan Seksi 2 sampai Cibadak sekitar 11 kilometer. Kemudian, dilanjutkan ke Ciranjang.

"Seksi 2 nantinya sampai Cibadak sekitar 11 kilometer. Sekarang sedang pembebasan lahan sudah sekitar 21 persen. Diharapkan tahun 2019 selesai," ucapnya.

Dia mengungkapkan, total biaya pembangunan jalan Tol Ciawi-Sukabumi-Ciranjang yang panjangnya mencapai 78 kilometer sekitar Rp 15 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com