Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Menarik: Serunya Mudik Lewat Trans Jawa hingga Tarif Tol

Kompas.com - 07/06/2018, 10:55 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan pribadi masih menjadi primadona bagi masyarakat untuk menjalankan ritual mudik.

Tak heran bila berita seputar kesiapan infrastruktur mudik merajai berita terpopuler kanal properti Kompas.com, sepanjang Rabu (6/6/2018).

Dimulai dari kabar soal tarif tol di Pulau Jawa, rencana fungsional tol dari Pemalang sampai Semarang, hingga serunya menjajal jalur mudik Tol Trans Jawa pada tahun ini.

Berikut kabar selengkapnya:

1. Pemudik, ini daftar tarif tol di Pulau Jawa

Melewati jalan tol masih dianggap oleh sebagian pemudik sebagai cara cepat untuk sampai ke kampung halaman.

Namun, Anda perlu ingat bahwa saat ini sistem pembayaran tunai sudah tidak berlaku di gerbang tol.

Alhasil, Anda harus memiliki saldo yang cukup pada uang elektronik. Sekadar informasi, kini uang elektronik yang Anda miliki bisa di top up hingga Rp 2.000.000.

Nah, sekarang berapa tarif yang harus Anda bayarkan untuk sampai ke kampung halaman?

Baca berita berikut: Pemudik, Ini Daftar Tarif Tol di Pulau Jawa

Foto udara pembangunan sekitaran Pintu Tol Krapyak di ruas jalan tol Batang-Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/6/2018). Pintu tol Krapyak merupakan pertemuan jalan tol dan jalan nasional.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara pembangunan sekitaran Pintu Tol Krapyak di ruas jalan tol Batang-Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/6/2018). Pintu tol Krapyak merupakan pertemuan jalan tol dan jalan nasional.

2. Besok, tol fungsional Pemalang-Semarang dibuka sejak pukul 6 pagi

Ruas-ruas tol fungsional dari Pemalang hingga Semarang akan dibuka perdana pada Jumat (8/6/2018). Pembukaan direncanakan sejak pukul 06.00 WIB pagi.

"Jalan tol (fungsional) akan dibuka pada Jumat pukul 06.00 WIB pagi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/6/2018) malam.

Terkait pembukaan itu, Menhub menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk mengatur lalu lintas berikut keamanan dari jalur tersebut.

Pihak kepolisian juga diberi kewenangan untuk membuka tol fungsional dari Pemalang hingga Semarang selama 24 jam atau tidak.

Selengkapnya: Baca juga: Tol Fungsional Pemalang-Semarang Bisa Dilewati Malam Hari

Foto udara pembangunan jembatan Kali Kuto di Proyek ruas Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/6/2018). Jembatan Kali Kuto ditargetkan untuk digunakan pada H-2 lebaran dan merupakan jembatan pelengkung baja pertama di Indonesia yang perakitannya dilakukan di lokasi pekerjaan.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara pembangunan jembatan Kali Kuto di Proyek ruas Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/6/2018). Jembatan Kali Kuto ditargetkan untuk digunakan pada H-2 lebaran dan merupakan jembatan pelengkung baja pertama di Indonesia yang perakitannya dilakukan di lokasi pekerjaan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com