Kompas.com - 28/02/2018, 07:00 WIB
Parkson ShutterstockParkson

HO CHI MINH, KOMPAS.com - Redupnya bisnis ritel juga terjadi di Vietnam. Gerai peritel asal Malaysia, Parkson, gulung tikar.

Sebagaimana diwartakan Vietnam News, Selasa (27/2/2018), gerai Parkson yang tumbang tersebut berada di Flemington, Ho Chi Minh City District 11.

Beroperasi sejak 2009 lalu, Parkson Flemington kini menghadapi senja kala.

Baca juga : Gerai Parkson Juga Gulung Tikar

Tercabiknya ritel Vietnam membuat Parkson tak berdaya. Dengan tutupnya toko di Flemington, Parkson kini hanya memiliki empat gerai di seluruh Vietnam.

Dalam pernyataan resminya, manajemen Parkson Vietnam menjamin tutupnya gerai mereka di Flemington tak akan berpengaruh terhadap operasional cabang lainnya.

"Pemegang kartu anggota Parkson juga masih dapat menikmati keuntungan yang ditawarkan pada seluruh toko kami," ucap Parkson.

Sekadar informasi, Parkson memulai perjalanan bisnis di Vietnam pada 2005 silam. Seiring waktu berjalan, pesona Parkson memudar.

Baca juga : Parkson Paceklik

Pada 2017, contohnya, Parkson menderita kerugian hingga sebesar 60 miliar Dong Vietnam (Rp 36 miliar). 

Tumbuhnya bisnis daring dipandang sebagai penyebab lesunya bisnis ritel konvensional di Vietnam. Masa pesatnya pertumbuhan bisnis daring itu, antara lain terjadi pada 2016.

Kala itu, transaksi bisnis daring melonjak dari 5,4 persen menjadi 8,8 persen. Transaksi terbanyak terjadi di kota besar seperti Hanoi, Ho Chi Minh, dan Da Nang.

Diperkirakan, pasar digital di Vietnam menembus 10 miliar dollar AS pada 2020 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.