Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerai "Parkson" Juga Gulung Tikar

Kompas.com - 03/02/2018, 10:00 WIB
Haris Prahara

Penulis

Sumber The Star

PETALING JAYA, KOMPAS.com - Dunia ritel jiran Indonesia, yakni Malaysia, tercekik paceklik. Toko milik raja ritel di negara tersebut gulung tikar.

Sebagaimana diwartakan The Star, Jumat (2/2/2018), gerai department store Parkson di Maju Junction Mall, Kuala Lumpur, menjadi korban guncangan ritel. Toko itu tutup per Januari lalu.

Menurut manajemen Parkson Malaysia, toko di Maju Junction Mall ditutup karena memiliki kinerja kurang memuaskan.

"Keputusan untuk hengkang dibuat karena penjualan Parkson di Maju Junction Mall tidak berkelanjutan. Sebagai dampak dinamisnya industri ritel maka pembukaan, penutupan, serta relokasi merupakan bagian tak terpisahkan dari berbisnis," demikian pernyataan resmi Parkson Malaysia.

Seiring tutupnya gerai Parkson di Maju Junction Mall, akun Facebook resmi Parkson Malaysia pun menuliskan salam perpisahan.

Seorang konsultan properti yang meminta disebut anonim mengatakan, tutupnya Parkson di Maju Junction Mall bisa jadi tidak terlepas dari ketatnya persaingan ritel.

Untuk diketahui, di sekitar mal tersebut, terdapat sebuah toserba ternama lainnya.

Sementara itu, pada Konferensi Properti Malaysia ke-11 pekan lalu, Deputy Executive Chairman Savills Allan Soo mengatakan, prospek sektor ritel di Malaysia masih tetap menarik sekaligus menantang.

Menurut dia, hal itu bisa dilihat dari jumlah mal yang bakal meluncur hingga 2021. Sebanyak 27 pusat belanja baru siap beroperasi di wilayah Kuala Lumpur.

Baca juga: Dalam Tiga Tahun, Kuala Lumpur Dibanjiri 27 Mal Baru

Menurut Allan Soo, penambahan 27 mal baru tersebut dapat membuat bisnis ritel di Negeri Jiran tetap semarak di tengah remuk redamnya sektor tersebut.

Mal baru yang akan beroperasi dalam tiga tahun ke depan, antara lain Mitsui Shopping Park Lalaport, The Exchange Mall, Pavilion Damansara Heights, Merdeka PNB118, Tropicana Gardens Mall, Pavilion Bukit Jalil, Empire City Mall, dan CentralPlaza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Star
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com