Kompas.com - 29/01/2018, 07:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com – Di tengah pandemi kelesuan ritel, negara tetangga Malaysia berupaya untuk tetap kompetitif sebagai destinasi belanja di kawasan Asia Tenggara.

Hal itu bisa dilihat dari jumlah mal yang bakal meluncur hingga 2021. Sebanyak 27 pusat belanja baru siap beroperasi di wilayah Kuala Lumpur.

Menurut Deputy Executive Chairman Savills Malaysia Allan Soo, penambahan 27 mal baru tersebut dapat membuat bisnis ritel di Negeri Jiran tetap semarak di tengah guncangan sektor tersebut.

Melansir PropertyGuru Malaysia, Minggu (28/1/2018), mal baru di Kuala Lumpur yang akan beroperasi dalam tiga tahun ke depan antara lain antara Mitsui Shopping Park Lalaport, The Exchange Mall, Pavilion Damansara Heights, Merdeka PNB118, Tropicana Gardens Mall, Pavilion Bukit Jalil, Empire City Mall, dan CentralPlaza.

Dengan jumlah penambahan itu, jumlah pusat belanja di Kuala Lumpur meningkat dari 170 menjadi 197 mal pada 2021. Nantinya, total area ritel mencapai 86,2 juta kaki persegi.

Meski terjadi peningkatan pasokan, belum menjamin sepenuhnya tingkat hunian bakal terisi penuh jika tidak didukung permintaan pasar.

Baca juga: Peringatan Buat Pengelola Pusat Belanja, Berevolusi atau Mati!

Allan Soo, bagaimana pun, yakin tingkat okupasi ritel di Kuala Lumpur masih prospektif dengan keterisian 87,9 persen per akhir 2017.

Ia mencontohkan Pavilion KL, Suria KLCC, Sunway Pyramid, 1Utama Shopping Center, dan Mid Valley Megamall sebagai mal dengan performa cukup baik di Kuala Lumpur, dengan tingkat hunian rata-rata lebih dari 90 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.