Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Jejak "Tesco", Supermarket Ini Pecat Ribuan Manajer

Kompas.com - 02/02/2018, 11:30 WIB
Haris Prahara

Penulis

LONDON, KOMPAS.com – Pemangkasan posisi manajer mulai marak pada supermarket di Inggris. Ini merupakan upaya efisiensi biar bisnis tetap hidup.

Selain menutup aset properti seperti toko atau pusat distribusi, pebisnis kini mulai menempuh jalan lain menghadapi lesunya ritel. Pembenahan struktur organisasi, misalnya.

Langkah penataan organisasi itu tengah dilakukan oleh supermarket Morrisons. Peritel tersebut bersiap memangkas 1.500 posisi manajer. Itu dilakukan untuk menghemat biaya operasional dan menempatkan lebih banyak tenaga staf di pabrik atau gerai.

Dalam catatan Kompas.com, aksi Morrisons ini serupa dengan apa yang dilakukan peritel lainnya, Tesco.

Januari lalu, Tesco mengumumkan pemberhentian 1.700 manajer di seantaro Inggris. Langkah tersebut merupakan taktik perusahaan menghadapi kerasnya industri ritel saat ini.

Baca juga: Raja Supermarket “Tesco” Pecat 1.700 Manajer

Kembali pada Morrisons, diketahui pihak manajemen telah memulai proses konsultasi dengan 1.500 karyawan terdampak pada Kamis (1/2/2018).

Mereka masih diberi kesempatan memilih satu dari 800 posisi lain yang masih lowong di Morrisons. Namun, sekitar 700 posisi kosong tersebut memiliki tanggung jawab lebih sederhana dengan gaji lebih rendah.

Direktur Ritel Morrisons Gary Mills mengatakan, perombakan organisasi itu diharapkan membuat layanan pelanggan lebih baik. 

“Dengan berat hati, tentunya ada periode ketidakpastian bagi sejumlah manajer yang terpengaruh oleh langkah perusahaan. Namun, kami senantiasa mendukung mereka dalam proses penting ini. Komitmen kami adalah menampung sebanyak mungkin rekan-rekan terdampak,” papar Mills, seperti dilansir The Guardian, Jumat (2/2/2018).

Sekadar informasi, Morrisons tengah menghadapi persaingan agresif dengan peritel lain seperti Aldi dan Lidl. Upaya lain Morrisons untuk memenangkan pertarungan bisnis, antara lain dengan menggenjot penjualan daring dan juga gerai-gerai kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com