Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebisnis Ritel Ramai-ramai Cabut dari Singapura

Kompas.com - 23/02/2018, 08:00 WIB
Haris Prahara,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Ritel Singapura mulai berguguran. Satu per satu peritel "bedol desa" keluar dari negara tetangga Indonesia itu.

Selang seminggu pasca pengumuman tumbangnya GAP dan Banana Republic, peritel mode American Eagle Outfitters juga keluar dari pasar Singapura akhir bulan ini.

Melansir Straits Times, Kamis (22/2/2018), sebanyak dua gerai American Eagle Outfitters bakal tutup total.

Baca juga: Akhir Tragis GAP dan Banana Republic di Negeri Singa...

Kedua gerai tersebut berada di Suntec City san Vivo City. Untuk gerai di Suntec City akan tutup pada 28 Februari sedangkan cabang Vivo City berhenti operasional sebelum 28 Februari.

Nasib American Eagle Outfitters tak begitu mujur di negeri bekas jajahan Inggris itu. Belum sampai tiga tahun beroperasi, American Eagle Outfitters sudah harus tumbang.

Awal mulanya, American Eagle Outfitters dibawa masuk ke Singapura oleh perusahaan lokal Star 360 Holdings. Grup itu diketahui juga mengelola merek seperti Onitsuka Tiger, Birkenstock, dan Cole Haan.

American Eagle OutfittersNomuradesign American Eagle Outfitters
Pihak perusahaan mengatakan, tutupnya American Eagle Outfitters tidak terhindarkan. Mereka kini bakal fokus kembali pada bisnis utama mereka, yaitu jualan alas kaki.

Esther Ho, Wakil Direktur Sekolah Manajemen Bisnis Nanyang Polytechnic, mengatakan, persaingan ritel pakaian di Singapura memang sengit.

Menurut Esther, munculnya label seperti H&M, Zara, dan Forever 21 telah melukai merek seperti GAP dan juga American Eagle Outfitters.

"Bagi merek Amerika Serikat, pertumbuhan e-commerce juga memengaruhi kinerja toko mereka di sini (Singapura). Warga Singapura dapat melewatkan peran distributor dengan langsung membeli secara daring," cetus Esther.

Baca juga: Pesona Ritel Singapura Kian Redup, Mungkinkah Bisa Bertahan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com