Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2018, 12:19 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rentetan kasus jatuhnya box girder pada sejumlah proyek konstruksi terus terjadi dalam kurun waktu enam bulan terakhir.

Terbaru, sebuah box girder pada proyek light rail transit (LRT) runtuh di Utan Kayu, Jakarta Timur, Senin (22/1/2018) dini hari. Akibat peristiwa tersebut, lima orang mengalami luka-luka.

Kompas.com mencoba merangkum sejumlah peristiwa kecelakaan kerja yang terjadi dalam enam bulan terakhir. Berikut catatannya:

Dua alat berat yang mengangkut girder (steel box) pembangunan Light Rail Transit (LRT) terjatuh menimpa rumah di zona 5 pembangunan LRT Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (1/8/2017). Balok girder (steel box) tersebut menimpa dua rumah warga dan mengakibatkan delapan orang luka ringan pada Selasa (1/8) dini hari. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc/17.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Dua alat berat yang mengangkut girder (steel box) pembangunan Light Rail Transit (LRT) terjatuh menimpa rumah di zona 5 pembangunan LRT Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (1/8/2017). Balok girder (steel box) tersebut menimpa dua rumah warga dan mengakibatkan delapan orang luka ringan pada Selasa (1/8) dini hari. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc/17.

1. Crane LRT Palembang jatuh

Peristiwa itu terjadi pada 1 Agustus 2017 sekitar pukul 02.55 WIB. Saat itu operator crane crawler hendak mengangkat tempat rel LRT, dari bawah ke atas.

Ketika steel box sudah di atas, jalan eksisting tiba-tiba amblas dan jalan di sekitar crane retak, sehingga menyebabkan salah satu crane seberat 70 ton yang diopersikan terjungkal ke depan.

Peristiwa itu diikuti pula dengan jatuhnya boom crane seberat 80 ton, yang turut mengangkat steel box.

Akibatnya, steel box itu kemudian terjatuh dan menimpa dua rumah warga milik keluarga H Syaiful.

2. Jembatan Tol Bocimi ambruk

Dua orang mengalami luka-luka dan satu orang meninggal dunia setelah Jembatan Tol Bocimi di Kampung Tenggek, Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, ambruk, Jumat (22/9/2017).

Korban meninggal dunia diketahui bernama Maman (25). Sementara, pekerja lainnya yaitu Saripudin (35) dan Darwin (30) mengalami luka-luka di bagian kaki dan dilarikan ke RSUD Ciawi untuk mendapatkan perawatan.

Alat berat pembangunan LRT di Kelapa Gading jatuh dan menimpa rumah warga, Selasa (17/10/2017) dini hari.Istimewa Alat berat pembangunan LRT di Kelapa Gading jatuh dan menimpa rumah warga, Selasa (17/10/2017) dini hari.

3. Alat berat LRT roboh di Kelapa Gading

Pergeseran pada alat berat portal gentry crane telah menyebabkan alat berat itu roboh di area proyek light rail transit (LRT) Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Selasa (17/10/2017) dini hari.

Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Puspita Anggraeni menyatakan, alat tersebut bergeser saat tengah lakukan uji angkat beban di Jalan Kelapa Nias Raya, Kelapa Gading.

"Pada saat uji angkat beban dilakukan terjadi pergeseran yang menyebabkan portal gantry crane roboh dan menyebabkan kerusakan di area kerja," kata Puspita dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com