Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Kasus Kecelakaan Kerja Terjadi dalam 6 Bulan

Terbaru, sebuah box girder pada proyek light rail transit (LRT) runtuh di Utan Kayu, Jakarta Timur, Senin (22/1/2018) dini hari. Akibat peristiwa tersebut, lima orang mengalami luka-luka.

Kompas.com mencoba merangkum sejumlah peristiwa kecelakaan kerja yang terjadi dalam enam bulan terakhir. Berikut catatannya:

1. Crane LRT Palembang jatuh

Peristiwa itu terjadi pada 1 Agustus 2017 sekitar pukul 02.55 WIB. Saat itu operator crane crawler hendak mengangkat tempat rel LRT, dari bawah ke atas.

Ketika steel box sudah di atas, jalan eksisting tiba-tiba amblas dan jalan di sekitar crane retak, sehingga menyebabkan salah satu crane seberat 70 ton yang diopersikan terjungkal ke depan.

Peristiwa itu diikuti pula dengan jatuhnya boom crane seberat 80 ton, yang turut mengangkat steel box.

Akibatnya, steel box itu kemudian terjatuh dan menimpa dua rumah warga milik keluarga H Syaiful.

2. Jembatan Tol Bocimi ambruk

Dua orang mengalami luka-luka dan satu orang meninggal dunia setelah Jembatan Tol Bocimi di Kampung Tenggek, Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, ambruk, Jumat (22/9/2017).

Korban meninggal dunia diketahui bernama Maman (25). Sementara, pekerja lainnya yaitu Saripudin (35) dan Darwin (30) mengalami luka-luka di bagian kaki dan dilarikan ke RSUD Ciawi untuk mendapatkan perawatan.

3. Alat berat LRT roboh di Kelapa Gading

Pergeseran pada alat berat portal gentry crane telah menyebabkan alat berat itu roboh di area proyek light rail transit (LRT) Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Selasa (17/10/2017) dini hari.

Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Puspita Anggraeni menyatakan, alat tersebut bergeser saat tengah lakukan uji angkat beban di Jalan Kelapa Nias Raya, Kelapa Gading.

"Pada saat uji angkat beban dilakukan terjadi pergeseran yang menyebabkan portal gantry crane roboh dan menyebabkan kerusakan di area kerja," kata Puspita dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Alat berat tersebut jatuh menimpa sebuah rumah toko (ruko) berlantai dua yang digunakan sebagai tempat berjualan bunga.

Terkait hal tersebut, Puspita memastikan bahwa PT Wijaya Karya akan menanggung kerugian akibat kecelakaan itu.

4. Crane Tol BORR jatuh

Sebuah portable tower crane atau alat pengangkut beban portabel yang digunakan dalam proyek Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi II B ruas Kedung Badak - Simpang Yasmin mendadak jatuh di Jalan Raya Sholeh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Kamis (26/10/2017) sore.

Insiden itu terjadi ketika sejumlah pekerja proyek sedang mengerjakan pemasangan bekisting parapet atau barrier pembatas jembatan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun akibat kejadian itu kondisi arus lalu lintas di sekitar lokasi sempat mengalami kemacetan.

5. Girder proyek Tol Paspro jatuh

Peristiwa itu terjadi pada 29 Oktober 2017 dan mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan dua orang luka-luka. Proyek ini dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor pelaksana.

Sementara pemegang konsesi Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo adalah PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol yang 100 persen sahamnya dimiliki PT Waskita Toll Road.

Awalnya, pekerjaan erection tiga girder sepanjang 50,8 meter, telah dilakukan pada sehari sebelumnya.

Pekerjaan juga mencakup pemasangan bracing dengan menggunakan dua crane masing-masing berkapasitas 250 ton dan 150 ton.

Ketika girder keempat dipasang dan sudah pada posisi bearing pad, secara tiba-tiba goyang ketika dilakukan pemasangan bracing. Akibatnya, girder itu menyentuh girder lain sehingga menyebabkan keruntuhan.

6. OCS parapet MRT jatuh di Jalan Wijaya

Overhead catenary system (OCS) parapet atau beton pembatas konstruksi layang mass rapid transit (MRT) jatuh di Jalan Wijaya II pada 3 November 2017.

Akibat peristiwa itu, seorang pengendara motor tertimpa dan mengalami luka ringan.

7. Beton LRT di MT Haryono Jatuh

Beton proyek LRT jatuh di Jalan MT Haryono pada 15 November 2017. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun bagian belakang sebuah mobil ringsek setelah tertimpa.

8. VMS jatuh di Tol Japek II (Elevated)

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (16/12/2017). Sebuah crane pengangkut Variable Message Sign (VMS) jatuh di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 15.

Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa ini. Namun imbasnya, kemacetan panjang terjadi pada jalur tol arah ke Cikampek.

9. Girder JPO Tol Pemalang-Batang ambruk

Akhir Desember lalu, sebuah konstruksi girder pada proyek Tol Pemalang-Batang ambruk. Girder itu hendaknya digunakan sebagai konstruksi jembatan penyeberangan orang (JPO).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, rekaman video atas peristiwa itu cukup mendapat sorotan masyarakat.

10. Girder Tol Desari terguling

Enam balok atau girder yang masing-masing sepanjang 30,8 meter pada konstruksi Simpang Susun Antasari Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) terguling, Selasa (2/1/2018) pukul 09.40 WIB.

Peristiwa itu diduga lantaran adanya manuver alat berat, sehingga membentur girder paling pinggir yang menimbulkan efek domino tergulingnya lima girder di sebelahnya.

Girder yang terguling menimpa dump truck yang berada di bawahnya. Dump truck dalam keadaan kosong atau tidak ada pengemudinya.

11. Girder LRT di Utan Kayu runtuh

Sebuah girder pada proyek LRT di Utan Kayu, Jakarta Timur ambruk pada Senin (22/1/2018) dini hari. Akibat peristiwa itu, lima orang mengalami luka-luka.

Aparat berwenang sampai saat ini masih menyelidiki penyebab insiden tersebut. Pasalnya, girder jatuh sesaat setelah pekerjaan stressing dilakukan.

https://properti.kompas.com/read/2018/01/23/121904021/11-kasus-kecelakaan-kerja-terjadi-dalam-6-bulan

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+