Kompas.com - 17/09/2017, 23:55 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Dalam tiga tahun terakhir, konstelasi bisnis properti Indonesia diramaikan oleh kehadiran pengembang China.

Menyusul Hongkong Land yang telah lebih dulu masuk dengan menggandeng PT Jakarta Land membangun World Trade Center (WTC) Jakarta, Astra Property untuk proyek Anandamaya Residence, dan Sinarmas Land untuk proyek Nava Park.

Para pengembang China yang datang belakangan ini, justru percaya diri bersolo karier dengan membangun reputasi sendiri mulai dari nol. Mereka membawa fulus triliunan rupiah dari induk usahanya.

Baca: Para Pengembang China Beli Lahan di Indonesia secara Kontan

Sebut saja Kingland Group, China Construction and Communication Group (CCCG), Wuzhou Investment Group, dan Datzo Investama Group.

Mereka merintis pengembangan apartemen, masing-masing King Avenue di Alam Sutera, Daan Mogot City di Daan Mogot-Jakarta Barat, Jakarta Living Star di Cibubur-Jakarta Timur, dan The Noble di Alam Sutera, Tangerang.

Sementara Shenzen Yantian Port Group Co Ltd, dan Country Garden Holdings Co Ltd, menggaet Lippo Group mengembangkan kawasan industri di Cikarang.

Apa yang membuat mereka terpincut Indonesia?

Direktur Proyek Datzo Investama Group Ma Rui Zhui menuturkan, pasar Indonesia sangat besar dengan jumlah populasi lebih dari 250 juta. 

"Tentunya banyaknya jumlah penduduk ini membutuhkan angka hunian yang cukup tinggi. Ini peluang besar bagi kami," kata Ma Rui menjawab KompasProperti Jumat (15/9/2017). 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.