Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Bendungan di Indonesia Bakal Dipasangi Panel Surya

Kompas.com - 14/08/2017, 18:20 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KompasProperti - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai manfaatkan energi baru terbarukan (EBT) pada proyek-proyek bidang sumber daya air (SDA).

Nantinya, setiap waduk atau bendungan akan dipasang panel surya untuk mendapat pasokan listrik.

Untuk tahap awal, ujicoba dilakukan di Bendungan Jatibarang, Kota Semarang. Bendungan itu dipilih karena berada di tengah kota, serta akses yang relatif mudah.

"Kita akan memasang panel surya sehingga akan dipakai untuk listrik. Di bendungan air," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Imam Santoso, Senin (14/8/2017).

Imam mengatakan, luasan bendungan di Indonesia masih banyak yang belum dimanfaatkan. Badan dan isi bendungan mempunyai luasan panjang, sehingga coba dilakukan pemberdayaan.

"Kalau ini berhasil kan bisa dipasang di 65 bendungan," tambahnya.

Pasokan listrik melalui energi baru terbarukan sendiri terbilang besar. Pemasangan panel surya diutamakan untuk operasional bendungan. Namun jika masih tersisa, listrik akan disalurkan ke warga sekitar.

"Sementara untuk penerangan sekitar. Kalau ini berhasil dilakukan di tempat lain. Bendungan di Jatigede kan panjang sekali itu, bisa dipasang," kata Imam.

Panjang panel surya sendiri diperkirakan mencapai 2x66 meter, dengan lebar hingga 7 meter. Pemasangan bakal dilakukan di tubuh bendungan.

"Ini akan diselesaikan. Pemasangan di badan bendungan ini yang pertama kali," imbuh dia.

Selain panel surya, bendungan difungsikan sebagai pembangkit listrik mikro hidro (PLTMH) yang akan menghasilkan aliran listrik sebesar 1,5 Megawatt. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com