Kompas.com - 14/08/2017, 18:20 WIB
Ilustrasi bendungan Kompas.com/Nazar NurdinIlustrasi bendungan
|
EditorHilda B Alexander

SEMARANG, KompasProperti - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai manfaatkan energi baru terbarukan (EBT) pada proyek-proyek bidang sumber daya air (SDA).

Nantinya, setiap waduk atau bendungan akan dipasang panel surya untuk mendapat pasokan listrik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk tahap awal, ujicoba dilakukan di Bendungan Jatibarang, Kota Semarang. Bendungan itu dipilih karena berada di tengah kota, serta akses yang relatif mudah.

"Kita akan memasang panel surya sehingga akan dipakai untuk listrik. Di bendungan air," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Imam Santoso, Senin (14/8/2017).

Imam mengatakan, luasan bendungan di Indonesia masih banyak yang belum dimanfaatkan. Badan dan isi bendungan mempunyai luasan panjang, sehingga coba dilakukan pemberdayaan.

"Kalau ini berhasil kan bisa dipasang di 65 bendungan," tambahnya.

Pasokan listrik melalui energi baru terbarukan sendiri terbilang besar. Pemasangan panel surya diutamakan untuk operasional bendungan. Namun jika masih tersisa, listrik akan disalurkan ke warga sekitar.

"Sementara untuk penerangan sekitar. Kalau ini berhasil dilakukan di tempat lain. Bendungan di Jatigede kan panjang sekali itu, bisa dipasang," kata Imam.

Panjang panel surya sendiri diperkirakan mencapai 2x66 meter, dengan lebar hingga 7 meter. Pemasangan bakal dilakukan di tubuh bendungan.

"Ini akan diselesaikan. Pemasangan di badan bendungan ini yang pertama kali," imbuh dia.

Selain panel surya, bendungan difungsikan sebagai pembangkit listrik mikro hidro (PLTMH) yang akan menghasilkan aliran listrik sebesar 1,5 Megawatt. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.