Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Ritel "Online" Melalui Gawai Naik 26 Persen

Kompas.com - 12/04/2017, 18:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Penetrasi penggunaan internet melalui gawai atau mobile gadget yang mencapai 60 persen di Indonesia dianggap menjadi faktor utama makin maraknya pembelian produk atau barang dari ritel online.

Penggunaan gawai pada penjualan ritel pun semakin dramatis ketika dilakukan pada Ramadhan yang menunjukkan kenaikan 26 persen dari bulan-bulan lainnya.

Data tersebut merupakan hasil riset Criteo, sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada kinerja pemasaran ritel online.

"Peningkatan penjualan ritel online menggunakan mobile gadget terjadi karena pada Ramadhan banyak waktu bagi masyarakat Indonesia untuk menunggu," kata General Manager Criterio Asia Tenggara Alban Villani, di Hotel Pullman Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Kenaikan 26 persen itu disebut Alban secara signifikan lebih tinggi dibanding bulan-bulan biasanya di luar Ramadhan.

Namun, penggunaan gawai untuk melakukan aktivitas pembelian di ritel-ritel online sudah cenderung tinggi sejak dua minggu sebelum Ramadhan 2016 dengan indeks mencapai 117.

"Puncaknya pun terjadi pada minggu ketiga Ramadhan dengan indeks 126 karena orang cenderung merencanakan pembelian pada minggu pertama dan kedua untuk kemudian baru melakukan aktivitas pembelian pada minggu ketiga," jelas Alban.

Indeks itu kemudian terus turun hingga minggu terakhir Ramadhan, tiga hari Lebaran, dan setelah itu kembali naik pada hari keempat pasca Idul Fitri dan seterusnya.

Kondisi hampir serupa juga terjadi pada penjualan barang-barang ritel online melalui aplikasi gawai.

Peningkatannya disebut Criteo mencapai 37 persen dengan puncaknya terjadi pada minggu kedua dengan indeks 150 dari 160.

"Maka dari itu, sejak pasar aplikasi booming di indonesia, Criteo menyarankan agar peritel dan advertiser mulai gencar memasarkan produknya dua minggu sebelum Ramadhan tiba," tuntas Alban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com