Kompas.com - 12/04/2017, 18:00 WIB
Lantai dasar sekaligus lobi kantor baru situs belanja online Bukalapak.com. Gambar diambil pada Selasa (12/1/2016). Dok BukalapakLantai dasar sekaligus lobi kantor baru situs belanja online Bukalapak.com. Gambar diambil pada Selasa (12/1/2016).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Penetrasi penggunaan internet melalui gawai atau mobile gadget yang mencapai 60 persen di Indonesia dianggap menjadi faktor utama makin maraknya pembelian produk atau barang dari ritel online.

Penggunaan gawai pada penjualan ritel pun semakin dramatis ketika dilakukan pada Ramadhan yang menunjukkan kenaikan 26 persen dari bulan-bulan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Data tersebut merupakan hasil riset Criteo, sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada kinerja pemasaran ritel online.

"Peningkatan penjualan ritel online menggunakan mobile gadget terjadi karena pada Ramadhan banyak waktu bagi masyarakat Indonesia untuk menunggu," kata General Manager Criterio Asia Tenggara Alban Villani, di Hotel Pullman Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Kenaikan 26 persen itu disebut Alban secara signifikan lebih tinggi dibanding bulan-bulan biasanya di luar Ramadhan.

Namun, penggunaan gawai untuk melakukan aktivitas pembelian di ritel-ritel online sudah cenderung tinggi sejak dua minggu sebelum Ramadhan 2016 dengan indeks mencapai 117.

"Puncaknya pun terjadi pada minggu ketiga Ramadhan dengan indeks 126 karena orang cenderung merencanakan pembelian pada minggu pertama dan kedua untuk kemudian baru melakukan aktivitas pembelian pada minggu ketiga," jelas Alban.

Indeks itu kemudian terus turun hingga minggu terakhir Ramadhan, tiga hari Lebaran, dan setelah itu kembali naik pada hari keempat pasca Idul Fitri dan seterusnya.

Kondisi hampir serupa juga terjadi pada penjualan barang-barang ritel online melalui aplikasi gawai.

Peningkatannya disebut Criteo mencapai 37 persen dengan puncaknya terjadi pada minggu kedua dengan indeks 150 dari 160.

"Maka dari itu, sejak pasar aplikasi booming di indonesia, Criteo menyarankan agar peritel dan advertiser mulai gencar memasarkan produknya dua minggu sebelum Ramadhan tiba," tuntas Alban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.