Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan 2016, Penjualan Ritel "Online" Melonjak 67 Persen

Kompas.com - 12/04/2017, 16:29 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Ramadhan menjadi salah bulan yang dinanti para pelaku ritel online atau e-commerce sebagai momentum meningkatkan penjualan barang-barangnya.

Criteo, perusahaan teknologi yang berfokus pada kinerja pemasaran ritel online baru-baru ini merilis data yang diklaim mampu membantu para pelaku bisnis e-Commerce untuk bisa berinteraksi dengan konsumen lebih baik lagi pada Ramadhan tahun ini.

"Ramadhan bisa sangat berdampak pada perilaku konsumen dan juga menyebabkan pengiklan serta peritel meningkatkan penjualan produknya," tutur General Manager Criterio Asia Tenggara Alban Villani, di Hotel Pullman Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Berdasarkan data Criteo selama Ramadhan 2016 silam, terjadi peningkatan sebesar 67 persen dalam penjualan ritel di Indonesia.

Kenaikan itu disebut Alban sangat tinggi jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya sepanjang 2016 dan itu berlaku untuk semua kategori barang yang dijual oleh ritel online.

Lebih lanjut Alban memaparkan, minggu ketiga Ramadhan merupakan puncak pembelian barang-barang melalui ritel-ritel online oleh masyarakat Indonesia.

Peningkatannya bisa mencapai 110 persen karena memang pada perayaan hari-hari besar orang cenderung merencanakan pembelian pada minggu pertama dan kedua Ramadhan.

"Mereka baru melakukan aktivitas pembelian pada minggu ketiga," jelas dia.

Setelah itu persentasenya menurun hingga hanya mencapai 77 persen pada minggu keempat Ramadhan dan begitu memasuki Idul Fitri semakin menurun ke angka 44 persen.

Namun, pada minggu pertama Lebaran 2016 penjualan online kembali meningkat sebesar 35 persen.

Ada pun untuk kategori barang paling banyak dijual selama bulan Ramadhan 2016 berturut-turut adalah baju muslim baik hijab, gamis, dan lainnya. Kemudian di bawah itu ada perlengkapan rumah tangga, mainan, alat-alat elektronik, dan terakhir perlengkapan kesehatan serta kecantikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com