Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompleks Ritel Terbesar di Indonesia Resmi Beroperasi

Kompas.com - 16/12/2016, 13:44 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Kompleks ritel terbesar di Indonesia, QBig BSD City, seluas 17,5 hektar resmi beroperasi hari ini, Jumat (16/12/2016). 

Predikat terbesar rupanya mampu menarik perhatian Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, untuk membuka QBig BSD City.

Tak hanya Enggar, petinggi pengembang lainnya pun ikut hadir. Antara lain, Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) Cosmas Batubara, Direktur PT Pakuwon Jati Tbk A Stefanus Ridwan, Direktur PT Ciputra Property Tbk Sugwantono Tanto, dan Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang, Sutedja Sidarta Darmono.

Dalam sambutannya Enggartiasto mengatakan, QBig BSD City merupakan destinasi wisata belanja yang dikemas dalam konsep berbeda. 

Di tengah gempuran perdagangan dalam jaringan (daring) yang mengakibatkan penurunan belanja langsung, kata Enggar, pengembang pusat belanja dan perdagangan memang harus menawarkan diferensiasi. 

"Tak sekadar tempat untuk belanja, melainkan tempat berkumpul (hang out), kuliner, dan menawarkan pengalaman berbeda," ujar Enggar.

Dia menambahkan, tempat belanja semacam QBig BSD City berpotensi memberikan kontribusi besar bagi penjualan produk lokal yang menarik minat wisatawan mancanegara.

Karena itu, Enggar mengimbau Sinar Mas Land dan juga peritel-peritel yang membuka gerainya di QBig BSD City untuk mengakomodasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

"Jika himbauan ini diabaikan, saya tidak akan menerbitkan izin untuk ekspansi usaha berikutnya dari peritel, atau perusahaan bersangkutan," tegas Enggar.

QBig BSD City dirancang dengan konsep power center yang terdiri dari bangunan-bangunan utama, dan bangunan pendukung yang saling terhubung dengan restoran, dan kafe.

Luas bangunan utama dibuat serentang 5.000 meter persegi hingga 10.000 meter persegi. Tercatat sebelas peritel besar (anchor tenant) yang telah bergabung.

Ke-11 peritel tersebut adalah Ace Hardware, Ashley, Informa, Mitra 10, Toys Kingdom, Lulu Hypermarket, Artland, Fashionable Moslem Gallery, Truly Premium Outlet, The Sport Warehouse, dan Playland Fun and Fit.

CEO Retail and Hospitality Sinar Mas Land Alphonzus Widjaja menuturkan, QBig BSD City merupakan destinasi perdagangan yang inovatif, dan kreatif khusus untuk para peritel, dan pengunjung.

"Kami menawarkan pengalaman bertransaksi yang berbeda, dan unik dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari yang belum pernah ada sebelumnya," ujar Alphonzus.

Dalam mengembangkan kompleks ritel ini, lanjut dia, Sinar Mas Land merogoh kocek sekitar Rp 600 miliar, di luar biaya lahan. Sementara target transaksi per bulan diharapkan dapat menembus angka Rp 300 miliar.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com