Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsitek Perancis Bangun Rumah Subur dengan Kebun Sayur

Kompas.com - 22/05/2016, 23:59 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Institut Perancis di Indonesia (IFI) bekerja sama dengan Rujak Center for Urban Studies menggelar pameran arsitektur dalam rangkaian Festival Printemps Français 2016.

Pameran yang berlangsung sejak 18 Mei-5 Juni 2016 ini, menampilkan karya arsitek muda dan ahli lanskap Perancis yang meraih penghargaan Albums de Jeunes Architects et des Paysagistes (AJAP).

AJAP merupakan kompetisi arsitek muda berbakat yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Komunikasi Perancis setiap dua tahun.

Salah satunya adalah Ludovic Malbet, yang memenangkan AJAP pada 2011. Saat itu, ia mengusung La Maison Fertile atau Rumah nan Subur.

"Kami sudah memiliki idenya sejak 2009. Untuk itu, kami punya waktu untuk mengembangkannya, baik desain di dalam atau di luar rumah," ujar Malbet di Auditorium lFl Jakarta, Jumat (20/5/2016).

Selama 2009-2011, Malbet juga mengerjakan ukuran dan detail rumah supaya setiap ruangnya bisa terhubung ke sebuah kebun.

Kebun ini, kata Malbet, adalah sebagai bagian utama dalam proyek tersebut. Ia berupaya untuk membuat penghuni mendapatkan pemandangan kebun besar saat membuka jendela.

Selain itu, kebun tersebut bukan berupa taman biasa. Namun, kebun ini juga produktif karena bisa ditanami oleh sayur-sayuran.

"Kami menggunakan banyak teknik lingkungan dan teknik dasar untuk mewujudkan kualitas terbaik agar konsumsi energi tetap rendah pada rumah ini," jelas Malbet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com