Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jalan Tol yang Dibangun Sepanjang Tahun 2015 (BAGIAN II)

Kompas.com - 30/12/2015, 22:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Setahun sudah Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla memimpin Indonesia. Banyak target dicanangkan, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia.

Pembangunan infrastruktur itu meliputi jalan tol, bendungan, dan jembatan. Ada beberapa ruas jalan tol yang dibangun pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Untuk jalan tol, pemerintah menargetkan bisa membangun lebih dari 3.000 kilometer selama periode 2015-2025. Ditrektorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR mencatat akan ada 3.733 kilometer jalan tol baru yang akan dibangun periode tersebut.

Sepanjang tahun 2015, pemerintah sudah memulai pembangunan beberapa ruas jalan tol. Antara lain Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi II, Jalan Tol Manado-Bitung, dan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

Menyusul Jalan Tol Trans Sumatera, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja), Jalan Tol Solo-Ngawi-Kertosono, dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya: Jalan Tol yang Dibangun Sepanjang 2015 (BAGIAN I)

Shutterstock Ilustrasi jalan tol.
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Tol Balikpapan-Samarinda terbagi menjadi lima seksi yakni Seksi I (KM13 Balikpapan-Samboja), Seksi II (Samboja-Palaran I), Seksi III (Samboja-Palaran II), seksi IV (Palaran-Jembatan Mahkota), serta Seksi V (KM 13 Balikpapan-Sepinggan).

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com