Makan Biaya Rp 31 Triliun, Shanghai Tower Jadi Masa Depan China

Kompas.com - 24/11/2015, 08:01 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Penambahan menara baru untuk cakrawala China adalah Shanghai Tower setinggi 632 meter dan terdiri dari 128 lantai yang dirancang oleh Gensler.

Shanghai Tower merupakan menara tertinggi kedua di dunia, tetapi bersaing ketat dengan menara lainnya di China Utara yakni Tianjin 117 yang mengangkasa 596.5 meter.

Proyek ini dimulai pada bulan November 2008 dan hanya soal waktu untuk diselesaikan dengan biaya sekitar 1,5 miliar poundsterling atau Rp 31 triliun.

Melalui pembangunan ini, Gensler seolah ingin membuat rekam jejak tentang laju perubahan di daerah ini.

"Desain tradisional Jin Mao Tower (yang dirancang oleh SOM dan selesai pada tahun 1999) merupakan masa lalu kita, Shanghai World Financial Centre (oleh KPF, selesai 2008) merupakan saat ini, tapi Shanghai Tower merupakan masa depan China yang tak terbatas," ujar pimpinan Gensler Xia Juni.

Pemerintah China juga telah menyatakan bahwa bangunan ini sebagai 'simbol dari bangsa yang masa depannya penuh dengan kesempatan tak terbatas'.

Melalui pembangunan Shanghai Tower, Gensler berambisi untuk membuat jalan vertikal. Dalam hal transportasi, misalnya, menara ini memiliki perjalanan lift tertinggi dan tercepat dengan catatan 40 meter per jam sampai ujung ketinggian penuh menara.

Ini berarti, untuk ketinggian 580 meter dapat dicapai dalam 32 detik. Lift ini berjalan sekitar empat kali lebih cepat dari lalu lintas jam sibuk.

xinhua Shanghai Tower dirancang setinggi 632 meter dan merupakan pencakar langit terjangkung keempat di Tiongkok.
Dalam hal gaya hidup, menara tersebut memiliki berbagai 'zona budaya' termasuk taman langit, area bisnis dan rekreasi, hotel, termasuk museum dan lansekap di lantai 37.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.