Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renzo Piano Rancang Gedung 224 Meter

Kompas.com - 23/10/2015, 17:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Inggris bersiap memiliki pencakar langit baru. Renzo Piano, studio arsitektur Italia dan Perancis ditunjung sebagai perancang menara silinder yang merupakan bagian dari pengembangan wilayah Paddington.

Menara itu rencananya akan memiliki tinggi 224 meter. Pembangunannya di atas lahan seluas 0,4 hektar, mencakup 200 apartemen, perkantoran, dan ruang ritel. Dibangunnya menara ini bertujuan untuk menyambut kedatangan crossrail pada 2018. Jika selesai dibangun, menara berlantai 65 ini akan menjadi salah satu struktur bangunan tertinggi di London.

Pembangunan menara itu juga dilengkapi infrastruktur di sekitarnya. Great Western Development Ltd bersama dengan Kelompok Properti Mitra Pembangunan Sellar telah mengajukan proposal untuk menjadikan 31 London Street sebagai tempat memperluas Stasiun Kereta Api Paddington.

Upaya itu juga tak terlepas dari tuntutan pertumbuhan infrastruktur di sekitar Paddington. Skema lebih luas sudah dirancang guna mengurai kemacetan yang sering terjadi di pusat kota London tersebut.

"Penciptaan ruang publik perkotaan telah menjadi garda terdepan dari desain kami. Ruang publik yang sudah ada di Paddington saat ini masih buruk dengan seringnya penutupan jalan di pintu masuk jalur Bakerloo akibat kemacetan yang sering terjadi," jelas arsitek dari Renzo Piano.

Skema rancangan yang ada sekarang adalah untuk menanggulangi isu-isu tersebut, sekaligus membuat Paddington menjadi tempat yang indah dan dibutuhkan oleh semua orang.

Usulan pengembangan secara signifikan akan meningkatkan konektivitas menuju jalur Bakerloo. Peningkatan itu semakin terlihat dengan adanya sebuah menara elegan yang di atasnya memiliki taman atap terbuka guna melihat panorama London.

Kehadiran ruang publik baru juga akan meningkatkan konektivitas ke Rumah Sakit St Mary dan perencanaan untuk proyek tersebut akan diserahkan pada akhir 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com