Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fakta Menarik Burj Khalifa, Gedung Terjangkung di Dunia

Kompas.com - 19/09/2015, 16:46 WIB
Nathania Hapsari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Uni Emirat Arab tampaknya boleh berbangga dengan keberhasilan mereka mengubah semua wilayah berpasirnya menjadi sebuah negara yang maju dalam kurun waktu setengah abad. Bahkan, khusus di bidang arsitektur, Dubai sudah menegaskan kemajuannya dengan membangun sebuah gedung pencakar langit yang dinamakan Burj Khalifa.

Resmi dibuka pada 4 Januari 2010, bangunan berisi 160 lantai ini didaulat oleh Wikipedia sebagai salah satu geudng tertinggi di dunia buatan manusia. Segala kehebatan arsitektur yang menjadi penyusun Burj Khalifa juga membuatnya terkenal akan 10 fakta menarik tentangnya. Inilah sepuluh fakta menarik itu:

- Dengan ketinggian 868 meter Burj Khalifa bisa dikatakan dua kali lebih tinggi dari gedung Empire State dan tiga kali lebih tinggi dari menara Eiffel.

- Burj Khalifa telah memecahkan beberapa rekor sekaligus, yaitu sebagai bangunan berstruktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia, lantai tertinggi yang dihuni manusia di dunia, dek observasi outdoor tertinggi di dunia, serta lift berjarak terjauh di dunia.

- Catatan arsitektur Burj Khalifa menyatakan bahwa berat beton yang digunakan untuk membangun gedung tersebut setara 100.000 gajah. Adapun jumlah baja untuk strukturnya setara banyaknya baja pada lima pesawat Airbus 380.

youtube.com Menara tertinggi di dunia, Burj Khalifa. Terletak di Dubai, Uni Emirat Arab, pencakar langit ini memiliki tinggi 828 meter.
- Desain bangunan secara keseluruhan mengadaptasi bentuk bunga Hymenocallis dari Yunani.

- Bangunan ini dirancang oleh perusahaan asal Korea Selatan, Samsung Engineering and Construction.

- Pembangunan Burj Khalifa menghabiskan biaya yang tak tanggung-tanggung, yakni sebesar 1,5 miliar dollar AS.

- Dalam proses pengerjaan konstruksinya, sekitar 12.000 pekerja dikerahkan untuk melaksanakan proyek tersebut.

- Begitu tingginya Burj Khalifa hingga ujung bangunannya dapat terlihat dari jarak 95 kilometer.

- Awalnya, bangunan ini dinamakan Burj Dubai, namun kemudian diganti menjadi Burj Khalifa untuk menghormati Sheik Khalifa bin Zayed al Nahyan, penguasa Abu Dhabi yang telah menyelamatkan Dubai dari kebangkrutan pada 2009 silam.

- Burj Khalifa dilengkapi dengan 54 lift dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

Sumber : robertqtillsonburg.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com