Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luar Biasa, China Bangun 58 Gedung Super-tinggi Tahun Ini

Kompas.com - 25/09/2015, 17:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Negara satu ini memang tak pernah berhenti membuat hal-hal spektakuler. Selama tahun 2015, China tercatat tengah membangun 58 pencakar langit dengan ketinggian di atas 300 meter atau lebih beken disebut supertall. 

Dari statistik Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) terungkap, raksasa ekonomi dunia ini bahkan menempatkan 5 gedung di antaranya sebagai megatall atau "lingga-lingga" dengan ketinggian melebihi 500 meter.

Sebut saja Wuhan Greenland Center yang menjulang 636 meter, Global Financial Center Tower 1 setinggi 568 meter, Tianjing Chow Tai Fook Binhai Center seukuran 530 meter, China Zun Tower yang mengangkasa 528 meter, dan Dalian Greenland Center sejangkung 518 meter.

Hebatnya, phallus-phallus tersebut tidak hanya terkonsentrasi di ibu kota negara, Beijing, melainkan tersebar di 23 kota. Bahkan, hingga ke kota-kota lapis ketiga macam Huaiyin, Taiyuan, Yinchuan, Fuzhou, Wujian, dan Zhuhai.

Megaproyek-megaproyek vertikal ini mencakup hotel, apartemen, pusat belanja, dan perkantoran, dengan masa penyelesaian konstruksi mulai 2016 hingga 2019 mendatang. 

Adapun phallus tertinggi yang sedang dalam konstruksi saat ini adalah Wuhan Greenland Center yang mencapai 125 lantai dalam struktur 636 meter. Proyek karya Ardian Smith+Gordon Gill Architecture ini dimiliki dan dibangun oleh Wuhan Greenland Bin Jiang Property Co. Ltd.

Dengan populasi sebanyak itu, pencapaian China sekaligus mengalahkan negara adidaya lainnya, yakni Amerika Serikat yang hanya mampu membangun 10 gedung super-jangkung. Satu di antaranya adalah Central Park Tower di New York yang mendongak 541 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com