Menakar Potensi Bisnis Properti di Sekitar Tol Ciawi-Sukabumi

Kompas.com - 09/02/2015, 16:31 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander
BOGOR, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi di koridor Ciawi-Sukabumi bakal berlangsung pesat, saat pembangunan Seksi I Tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 15,4 km rampung pada akhir 2016 mendatang.

Direktur Utama PT Trans Jabar Tol, Darma Putra, mengutarakan pendapatnya terkait implikasi pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi kepada Kompas.com, Senin (9/2/2015).

"Saat ini saja, koridor Ciawi-Sukabumi sudah sangat padat. Aktivitas manusia, barang, dan jasa melalui jalur distribusi konvensional Jalan Raya Ciawi-Sukabumi demikian aktif dengan intensitas tinggi. Kendaraan pribadi, maupun industri tumpah ruah di jalur ini," tutur Darma.

Darma menambahkan, dengan beroperasinya jalur tol bernilai total Rp 7,7 triliun ini, akan semakin membuat pertumbuhan ekonomi koridor Bogor-Ciawi-Sukabumi melesat tajam.

"Arus kendaraan, barang, jasa, dan mobilitas masyarakat akan semakin intensif dan kian mempercepat waktu tempuh sehingga produktivitas dapat terwujud," tandas Darma.

Darma menargetkan, volume kendaraan yang akan melalui Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ini sebanyak 38.000 unit.

"Setahun pertama beroperasi yang dimulai sejak akhir 2016 mendatang kami harapkan akan dilalui sebanyak 38.000 kendaraan," tutur Darma.

Harga lahan meroket

Hal senada dikatakan Department Head of Marketing and Business Development PT Suryamas Duta Makmur Tbk., pengembang Rancamaya Golf and Country Estate, Eftianto. Menurut dia, perkembangan ekonomi, terutama properti, paralel dengan pembangunan infrastruktur, terutama jalan tol.

"Selama ini, kami harus menempuh waktu sekitar 1 jam Cibubur-Rancamaya melalui Jalan raya Ciawi-Sukabumi. Itu pada hari biasa Senin-Jumat. Kalau akhir pekan bisa mencapai dua jam, karena warga Jakarta banyak menghabiskan waktu libur ke Puncak dan Sukabumi melalui jalur ini," ujar Eftianto.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X