Kompas.com - 21/07/2014, 17:38 WIB
Souzhou Zhongnan Center Tower sinaimg.cnSouzhou Zhongnan Center Tower
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Tiongkok merajai pembangunan pencakar langit dunia dengan ketinggian lebih dari 300 meter. Negeri Tirai Bambu ini tengah membangun 98 supertall  atau lebih dari separuh dari total populasi 186 supertall  dunia.

Hebatnya, menurut data Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), sembilan di antaranya masuk dalam kategori megatall  atau gedung yang menjulang di atas 500 meter. Shouzhou Zhongnan Center merupakan bangunan tertinggi yang sekarang sedang dibangun dengan ketinggian 700 meter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Uni Emirat Arab mengikuti di tempat kedua dengan 28 pencakar langit. Setelah sukses membangun gedung terjangkung di dunia, Burj Khalifa setinggi 828 meter, kini mereka tengah mengerjakan 106 Tower, Dream Dubai Marina, dan Princess Tower. Ketiganya mengangkasa lebih dari 400 meter.

Sedangkan Amerika Serikat berada di tempat ketiga negara yang membangun supertall terbanyak. Sebanyak 22 proyek yang kini dalam tahap konstruksi maupun eksisting. Menyusul Arab Saudi dengan 8 supertall. Dua di antaranya merupakan megatall setinggi masing-masing 601 meter untuk Mecca Clock Royal Tower dan 1.000 meter untuk Kingdom Tower.

Sementara India bakal memiliki 6 pencakar langit dengan World One sebagai gedung paling menjulang dengan 442 meter. Demikian halnya Rusia yang membangun 6 supertall. Diikuti Korea Selatan dengan 5 pencakar langit dan Lotte World Tower setinggi 555 meter sebagai ikonnya.

Malaysia di posisi berikutnya dengan 4 menara, Taiwan 2 menara, Thailand 2 menara, Vietnam 2 menara, Indonesia 2 menara, Inggris dan Australia masing-masing 1 menara.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.