Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beginilah Kira-kira, Tampilan Langit Manhattan pada 2020 Nanti!

Kompas.com - 21/07/2014, 14:15 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Manusia tidak mengenal kata "cukup". Buktinya, saat ini pusat kota Manhattan yang sudah penuh dengan gedung-gedung pencakar langit akan menambah lagi koleksinya.

Tidak hanya bertambah jumlah. Gedung-gedung yang pada 2020 sudah beroperasi itu juga memiliki ketinggian luar biasa. Gedung-gedung tersebut bisa ditemukan di area 53rd Street hingga bagian selatan Central Park.

Saat ini saja, salah satu gedung pencakar langit akan segera selesai pembangunannya. Gedung residensial yang sudah lama dinanti tersebut bernama One57. Pembangunan Ones57 menghabiskan biaya mencapai 1,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp16,2 triliun.

Selain itu, Nordston Tower juga akan rampung. Belum lagi, proses pembangunan di 111 West 57th St., 432 Park Ave., dan 53 West 53rd St. yang sudah pasti akan mengubah tampilan cakrawala New York.

"Kedatangan" gedung-gedung pencakar langit di Manhattan, New York, Amerika Serikat, tersebut juga disadari oleh Armand Boudreaux dari New York YIMBY, situs yang membahas arsitektur, konstruksi, dan real estat di New York. Boudreaux mencari penampilan cakrawala New York dari Google Earth dan menambahkan gedung-gedung baru ke dalamnya.

Empat dari lima gedung pencakar langit baru terletak di sisi barat pusat kota Manhattan. Tidak sulit menemukan gedung-gedung tersebut di antara gedung pencakar langit lainnya karena ketinggiannya. Hanya saja, beberapa pihak dilaporkan protes atas kehadiran gedung-geudng ini yang akan menutup Central Park. Namun, jika dilihat dari hasil rendereng buatan Boudreaux, tampaknya efek kehadiran gedung-gedung pencakar langit ini pada Central Park tidak terlalu besar.

Adapun Nordstrom Tower, yang menurut rencana akan rampung pada 2018, akan memiliki ketinggian hingga 541 meter, sedangkan 432 Park akan dibangun cukup tinggi dengan ketinggian sekitar 426,7 meter. Gedung ini akan rampung tahun depan, sedangkan 53 West 53rd Street "hanya" akan setinggi 320 meter.

Sementara itu, 111 West 57th akan memiliki tinggi sekitar 411,4 meter. Gedung ini akan rampung pada 2017 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com