Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung PON Papua, Pemerintah Bangun 15 Rusun Rp 330,4 Miliar

Kompas.com - 27/10/2020, 09:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan membangun 15 menara rumah susun (rusun) di Provinsi Papua.

Pembangunan 15 menara rusun tersebut dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Provinsi Papua.

"Total ada 15 rusun yang kami bangun untuk PON di Papua," tegas Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Papua I Omri Sianturi dalam siaran pers, Senin (26/10/2020).

Rusun tersebut digunakan untuk tempat tinggal para official serta atlet yang mengikuti perhelatan akbar tersebut.

Omri mengungkapkan, total anggaran yang dibutuhkan dalam pembangunan 15 menara rusun tersebut sebesar Rp 330,4 miliar.

Dia melanjutkan, BP2P Wilayah Papua I bersama Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Papua turut mendukung pelaksanaan acara bergengsi yang digelar di wilayah itu, salah satunya melalui pembangunan rusun sejak tahun 2016.

Baca juga: Tiga Arena PON XX Rampung, Tunggu Sertifikasi Federasi Internasional

Pembangunan 15 menara rusun tersebut tersebar di 3 Kabupaten dan 1 Kota di Papua yakni, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Merauke, serta Kota Jayapura.

Rinciannya, 4 menara di Kota Jayapura, 3 menara di Kabupaten Merauke, dan 2 menara di Kabypaten Jayapura dengan total 9 menara rampung dikerjakan.

Sementara, 2 menara di Jayapura masih dalam proses penyelesaian, 2 menara di Kabupaten Jayapura masih dalam proses pembangunan, serta 2 menara di Merauke sedang dalam pembangunan. 

Selama ini, pembangunan rusun tersebut telah berjalan dengan baik berkat adanya koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Setelah perhelatan akbar tersebut selesai, rusun tersebut akan diperuntukkan bagi tempat tinggal Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/POLRI, Pelajar/Mahasiswa, Santriwan/Santriwati, serta Jemaat Gereja.

“Kami berharap pembangunan rusun dapat memberikan kelancaran proses pelaksanaan PON XX Tahun 2021 dan mampu mengurangi angka backlog perumahan di Provinsi Papua," tutur Pejabat Pembuat Komiten (PPK) Rumah Susun dan Rumah Khusus Yohanes R. Rumbewas. 

Perlu diketahui, PON XX Papua 2021 yang diselenggarakan di Papua dan berlangsung selama 20 Oktober hingga 4 November 2021. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com