Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidik Kelas Menengah-Bawah, Mustika Land Tawarkan Lima Perumahan

Kompas.com - 12/09/2020, 11:48 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mustika Land tengah menggarap lima proyek hunian untuk segmen menengah dan bawah.

Proyek tersebut adalah, Mustika Park Place, Mustika Golf Residence, dan Mustika Taman Sari dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp 400 juta hingga Rp 800 jutaan.

Kemudian, Mustika Village Sukamulya di Cikarang dan Mustika Village Karawang dengan rentang harga senilai Rp 150 hingga 300 jutaan.

Chief Executive Officer PT Mustika Land David Sudjana beralasan, pasar segmen menengah-bawah saat ini tengah berkembang.

Oleh karena itu, perusahaan tengah menyasar segmen tersebut dengan menggarap sejumlah proyek.

“Sebagian besar mereka (kelas menengah) adalah tenaga kerja profesional dan kreatif yang tidak hanya menggantungkan pada pendapatan gaji semata. Mereka bisa menciptakan bisnis sampingan dan pendapatan lainnya lainnya," kata David dalam siaran pers, Sabtu (12/9/2020).

Menurut David, produk hunian di segmen menengah dan bawah memiliki tantangan tersendiri.

Sebab, pengembang perlu jeli menciptakan keseimbangan antara harga jual, desain, serta fasilitas yang disesuaikan dengan daya beli masyarakat.

Baca juga: Mustika Land Bangun Rumah Rp 200 Jutaan di Cikarang

Meski demikian, setiap pengembangan proyek Mustika Land dimulai dengan sebuah cerita dengan mengeluarkan ide bermanfaat yang dapat mempengaruhi perbaikan gaya hidup penghuni dan cara terbaik untuk mewujudkannya.

Jadi, David percaya, produk yang baik dikelompokkan melalui keseimbangan proporsi antara fungsionalitas, kualitas, berkelanjutan, dan keterjangkauan harga.

Meski Mustika Land mengembangkan segmen rumah kelas bawah, pengembangan infrastruktur dan fasilitas tetap direncanakan dengan baik dan bukan seadanya.

Sebagai contoh, proyek Mustika Village Sukamulya memiliki ROW jalan luas lingkungan sebagian besar 7 meter dan membangun Water Treatment Plant (WTP).

Perumahan Mustika Village Sukamulya ini terdiri dari 3.300 unit rumah dengan berbagai tipe yakni, tipe 27/60 (Magnolia) dengan harga mulai Rp 150 jutaan dan 30/60 (Marigold) dengan harga mulai Rp 190 jutaan.

Perumahan tersebut dilengkapi dengan area komersial berupa ruko untuk mendukung aktivitas warga perumahan.

Di samping itu, Mustika Land juga membangun proyek serviced apartment homes dengan 15 lantai, Mustika Golf Residence.

Proyek apartemen ini berlokasi di jantung kawasan Jababeka, Cikarang.

Apartemen tersebut dikelola dengan dilengkapi staf berasal dari Jepang, restoran kafe Jepang autentik, pusat kebugaran, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com