Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Menyerang Ritel Vietnam, Gerai Parkson Gulung Tikar

Kompas.com - 28/02/2018, 07:00 WIB
Haris Prahara,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

HO CHI MINH, KOMPAS.com - Redupnya bisnis ritel juga terjadi di Vietnam. Gerai peritel asal Malaysia, Parkson, gulung tikar.

Sebagaimana diwartakan Vietnam News, Selasa (27/2/2018), gerai Parkson yang tumbang tersebut berada di Flemington, Ho Chi Minh City District 11.

Beroperasi sejak 2009 lalu, Parkson Flemington kini menghadapi senja kala.

Baca juga : Gerai Parkson Juga Gulung Tikar

Tercabiknya ritel Vietnam membuat Parkson tak berdaya. Dengan tutupnya toko di Flemington, Parkson kini hanya memiliki empat gerai di seluruh Vietnam.

Dalam pernyataan resminya, manajemen Parkson Vietnam menjamin tutupnya gerai mereka di Flemington tak akan berpengaruh terhadap operasional cabang lainnya.

"Pemegang kartu anggota Parkson juga masih dapat menikmati keuntungan yang ditawarkan pada seluruh toko kami," ucap Parkson.

Sekadar informasi, Parkson memulai perjalanan bisnis di Vietnam pada 2005 silam. Seiring waktu berjalan, pesona Parkson memudar.

Baca juga : Parkson Paceklik

Pada 2017, contohnya, Parkson menderita kerugian hingga sebesar 60 miliar Dong Vietnam (Rp 36 miliar). 

Tumbuhnya bisnis daring dipandang sebagai penyebab lesunya bisnis ritel konvensional di Vietnam. Masa pesatnya pertumbuhan bisnis daring itu, antara lain terjadi pada 2016.

Kala itu, transaksi bisnis daring melonjak dari 5,4 persen menjadi 8,8 persen. Transaksi terbanyak terjadi di kota besar seperti Hanoi, Ho Chi Minh, dan Da Nang.

Diperkirakan, pasar digital di Vietnam menembus 10 miliar dollar AS pada 2020 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com