Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kloset Ini Hemat Air 20 Persen

Kompas.com - 05/08/2016, 13:12 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut data Forum Ekonomi Dunia pada tahun 2014, krisis air merupakan risiko global ketiga yang menjadi perhatian utama dunia, termasuk lndonesia.

Sebanyak dua pertiga populasi dunia diprediksi akan menghadapi kekurangan air pada 2035 mendatang.

Hal ini mendorong sejumlah perusahaan di sektor saniter atau sanitary wear, berinovasi untuk menciptakan produk dengan pemakaian air yang lebih sedikit.

Misalnya, produk terbaru American Standard Acacia Evolution yang mengusung fitur water saving atau penghematan air.

"Minimum bisa menghemat 10-20 persen. Mulai dari flushing sampai pembilasan dengan faucet," ujar Marketing Director American Standard Indonesia Arifindi Batubara kepada Kompas.com, usai peluncuran produk tersebut, di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis malam (4/8/2016).

Ia mengatakan, sejumlah fitur pada produk tersebut didasarkan dari bagaimana perilaku orang-orang dalam menggunakan perabot toilet.

Sebagai contoh, pada penggunaan keran. Orang-orang biasanya membuka keran sembarangan dan tidak memperhatikan derasnya air yang mengalir, sehingga terbuang sia-sia.

Pada keran terbaru American Standard terdapat teknologi resistensi yang mengontrol volume air. Sehingga, saat pengguna mengangkat tuasnya, air yang keluar tidak langsung keluar dengan deras.

Ada beberapa tingkatan pembukaan tuas yang mengatur jumlah air keluar. "Pengaturan keran yang ada membuat penggunaan air menjadi lebih minimum," tutur Arifindi.

Sementara untuk toiletnya, produk Acacia Evolution hanya menggunakan 3,5 liter untuk setengah penyiraman.

Sedangkan untuk penyiraman maksimal, air yang digunakan sebesar 5 liter.

Fitur utama kloset duduk (toilet) koleksi Acacia Evolution memiliki sistem pembilasan yang dilengkapi pusaran ganda (Double Vortex) untuk memaksimalkan proses pembilasan dan mengurangi penggunaan air secara bersamaan.

Teknologi lainnya adalah anti bakteri pada tombol tekan kloset duduk.

Fitur ini diaplikasikan ke rangka kursi dan penutup kloset sehingga menghadirkan lingkungan kamar mandi yang higienis bagi pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com