Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shopee, Aplikasi E-commerce Favorit Warga Brasil

Kompas.com - 30/08/2021, 19:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber REUTERS

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadir di Brasil dalam dua tahun berakhir, Shopee berhasil membutikan kehadirannya sebagai aplikasi belanja online yang paling banyak diunduh.

Dengan berbagai inovasi yang ditawarkan serta harga barang terjangkau, Shopee menjadi favorit masyarakat Brasil.

Salah satu inovasi yang dinilai berhasil menarik pelanggan adalah banyaknya mini games menawarkan kupon kepada para pemilik akun yang menang.

Seperti dikutip dari Reuters, lokapasar yang berbasis di Singapura ini berhasil menggabungkan belanja online dengan nous game dari anak perusahaan mereka, Garena.

Baca juga: Kantor Baru Shopee, Kolaboratif dan Ramah Lingkungan

Sementara di Singapura, Shopee hanya membutuhkan waktu lima tahun untuk menjadi situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Asia Tenggara.

Mereka berhasil menyalip situs-situs e-commerce seperti Lazada, yang didukung oleh Alibaba Group Holding Ltd China dan Tokopedia, yang didukung oleh SoftBank Group Corp Jepang.

"Shopee memiliki rekam jejak baik di Asia Tenggara. Meski terlambat muncul, mereka bisa belajar dari masalah yang ada dan kemudian membangun sistem mengatasi masalah tersebut," kata analis Momentum Works, Jianggan Li.

Kegemaran orang Brasil berbelanja melalui Shopee telah menumbuhkan ruang sempit bagi pesaing e-commerce lainnya dari luar negeri.

Bahkan bagi perusahaan regional seperti Magazine Luiza dan MercadoLibre Inc, Argentina,  keadaan pun kian sulit. 

Shopee diluncurkan di Brasil tepat ketika pandemi Covid-19 berlangsung. Ini membuat konsumen tak lagi berbelanja di toko fisik sehingga membuat penjualan e-commerce naik pesat.

Baca juga: Lamudi dan Tokopedia Gelar Kursus Prakerja Pemasaran Properti Online

Berdasarkan data platform analitik App Annie, Shopee merupakan aplikasi teratas Brasil baik dari segi jumlah unduhan dan waktu yang dihabiskan para pengguna untuk membukanya.

Keberhasilan di Brasil membuat perusahaan induk Shopee, Sea Capital juga mempertimbangkan untuk merambah daerah lain di Amerika Latin.

Shopee juga telah masuk ke Chili, Kolombia, dan Meksiko. Namun, kesuksesannnya tidak seperti di Brasil.

Hal ini karena di sana, Shopee tidak memiliki staf berbasis lokal sehingga hanya mengandalkan kerja sama dengan influencer.

Tantangan terbesar Sea untuk Shopee Brasil adalah pengiriman barang ke berbagai lokasi di negara yang begitu luas. Namun mereka berharap bisa mengulang kesuksesan mereka di Asia Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com