Kompas.com - 14/08/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi staycation di hotel Shutterstock/anek.soowannaphoomIlustrasi staycation di hotel

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendapatan Airbnb pada Kuartal II tahun 2021 melonjak 300 persen dibandingkan waktu yang sama tahun lalu. Kenaikan tersebut melampaui pencapaian periode yang sama tahun 2020.

Dalam laporan keuangan, Airbnb membukukan pendapatan 1,3 miliar dolar AS atau ekuivalen Rp 18,6 triliun, sementara tahun lalu 335 juta dollar AS atau setara Rp 4,8 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari Phocus Wire, pertumbuhan pendapatan triwulanan sebesar lima persen dari Kuartal I ke Kuartal II.

Menurut Airbnb, peningkatan pendapatan ini karena jumlah penyewaan properti yang meningkat di Amerika Utara, dan EMEA, dengan tarif harian rata-rata yang lebih tinggi.

Baca juga: Promosi Wisata Berkelanjutan di Meksiko, Airbnb Gandeng UNESCO

EBITDA atau pendapatan sebelum bunga, pajak dan amortisasi yang disesuaikan, memberi keuntungan bagi Airbnb. EBITDA yang disesuaikan mencapai 217 juta dolar AS (Rp 3,8 triliun).

Sementara bada periode yang sama tahun lalu perusahaan mengalami kerugian 397 juta dolar AS (Rp 5,7 triliun) dan 43 juta dolar AS (Rp 617,4 miliar) pada tahun 2019.

“Bisnis kami meningkat secara baik dengan adanya gerakan untuk vaksinasi dan pelonggaran beberapa pembatasan perjalanan,” kata Pendiri dan CEO Airbnb Brian Chesky.

Brian mengaku, meski kondisi sekarang belum sepenuhnya normal, namun telah berangsur membaik. Terlebih orang-orang sudah mulai berani berpergian.

“Keinginan orang-orang untuk bepergian, dikombinasikan dengan pengeluaran yang dikelola dengan ketat, mendorong kembalinya ke pertumbuhan positif dengan EBITDA yang disesuaikan secara material,” tutur Brian.

Brian mengatakan, bisnis Airbnb meningkat meskipun belum ada pemulihan penuh terhadap dua sektor andalan mereka yakni perjalanan perkotaan dan perjalanan lintas batas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.