Kompas.com - 11/08/2021, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mempromosikan wisata berkelanjutan sekaligus memperluas manfaat wisata budaya dan kreatif di Meksiko ke banyak komunitas, Airbnb menjalin kerja sama dengan UNESCO.

Melansir situs resmi UNESCO, Airbnb dengan kantor cabang UNESCO di Meksiko akan mengembangkan proyek untuk mempromosikan pemberdayaan komunitas serta mengintegrasikan sektor kreatif dan budaya ke pariwisata lokal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerja sama ini dilakukan untuk melindungi aset budaya dan alam di Meksiko. Setiap wisatawan akan diberikan pengalaman dan pengetahuan budaya.

Baca juga: UNESCO Minta Indonesia Hentikan Proyek Jurassic Park di Taman Nasional Komodo

Menurut laporan Airbnb tentang Perjalanan dan Kehidupan, produk pariwisata berkelanjutan dan kunjungan ke tujuan wisata non-tradisional telah menjadi penentu penting dalam keputusan perjalanan wisatawan.

Di Meksiko, persentase kamar yang dipesan untuk Musim Panas 2021 di komunitas kecil melalui Airbnb hampir tiga kali lipat lebih tinggi, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019. Hal ini membuat presentasi pesanan naik dari 10 persen menjadi 25 persen.

Karena peluang untuk mempromosikan pariwisata di Meksiko ini, Airbnb dan UNESCO berkolaborasi untuk menghasilkan proyek wisata yang lengkap.

Mulai dari inovasi wisata hingga keterlibatan masyarakat termasuk melibatkan pengusaha kreatif dan pengusaha UMKM.

Airbnb menyadari bahwa pada saat ini, pariwisata harus menjadi bagian dari pemulihan ekonomi masyarakat di Meksiko.

Baca juga: ITDC: Lahan Enclave Terakhir di The Mandalika Dikosongkan Pemiliknya secara Mandiri

"Oleh karena itu, kerja sama berupaya untuk meletakkan dasar bagi pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” jelas Manajer Kebijakan Publik Airbnb Mexico, Jorge Balderrama.

Hasil dari kerja sama ini diharapkan dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi lokal, keterbukaan masyarakat, dan pelestarian keanekaragaman hayati.

Halaman:


Sumber UNESCO
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.