Enam Rusun Rp 102,86 Miliar di Sumsel Dibangun Sekaligus, Begini Progresnya

Kompas.com - 11/08/2021, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun sebanyak enam rumah susun (rusun) sekaligus di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan total anggaran sebesar Rp 102,86 miliar.

Keenam rusun tersebut terdiri dari dua rusun santri pondok pesantren, satu rusun mahasiswa dan tiga rusun Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan pembangunan Rusun merupakan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) memiliki rumah layak huni.

Baca juga: Lahan Makin Langka, Milenial Harus Belajar Tinggal di Rusun

"Diharapkan dengan pembangunan rusun ini bisa memberikan kontribusi nyata bagi santri dan mahasiswa dalam menimba ilmu dan bagi para MBR, TNI/Polri," kata Khalawi dalam keterangan tertulis, Rabu (11/08/2021).

Adapun dua rusun santri yang tengah dibangun yaitu Rusun Ponpes Sayyid Hanim Kabupaten OKU Timur dalam satu tower berjumlah 14 unit dengan progres konstruksi 91,8 persen dan satu tower Rusun Ponpes Bait Al-Qur’an Kabupaten OKI berjumlah 32 unit dengan perkembangan 57,6 persen.

Selain Rusun Universitas Sriwijaya (Unsri) juga dibangun. Sebelumnya pada 2019 lalu telah dituntaskan satu tower terdiri dari empat Lantai Tipe 24 berjumlah 54 unit kapasitas untuk 204 Mahasiswa.

Rusun Unsri yang saat ini dibangun satu tower berjumlah 43 unit dengan progres konstruksi 35,2 persen.

Sementara tiga rusun lainnya adalah satu tower rusun ASN yakni Rusun ASN Pemkab OKU Timur di Kabupaten OKU Timur berjumlah 44 unit yang telah selesai konstruksinya dan satu tower Rusun ASN Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII Kementerian PUPR di Kabupaten Banyuasin berjumlah 64 unit dengan perkembangan 26,9 persen.

Sedangkan satu rusun ASN lainnya yakni Rusun ASN Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan saat ini masih tahap proses lelang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.