Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusun Mahasiswa Unima Selesai Dibangun, Tersedia Unit Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 12/07/2021, 17:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan rumah susun (rusun) mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unima) senilai Rp 14,63 miliar. 

Hingga saat ini progres konstruksi pembangunan rusun yang berlokasi di Kecamatan Tondano Selatan, Kabupaten Minahasa ini telah memasuki tahap finishing. 

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR mengatakan pembangunan rusun untuk mahasiswa merupakan salah satu upaya Kementerian PUPR untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Baca juga: Rusun ASN di Semarang Disiapkan Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

“Kami ingin agar generasi muda Indonesia seperti para mahasiswa bisa belajar tinggal di hunian vertical seperti Rusun. Sebab, ke depan lahan untuk perumahan semakin terbatas sehingga pembangunan Rusun adalah salah satu alternatif hunian yang ada,” kata Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulis, Senin (12/07/2021).

Menurut Khalawi, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman di pasal 5 ayat 1 menyatakan negara bertanggung jawab atas penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman yang pembinaannya dilaksanakan oleh pemerintah.

Kementerian PUPR juga siap bekerjasama dengan pemerintah daerah dan perguruan tinggi agar program pembangunan Rusun ini bisa berjalan dengan baik di lapangan.

“Kami akan terus mendorong pelaksanaan Program Sejuta Rumah. Kami ingin agar pemerintah daerah dan perguruan tinggi bisa ikut mensosialisasikan pentingnya hunian vertikal untuk tempat tinggal,” kata Khalawi.

Baca juga: 2.060 Tempat Tidur di Tower 1 Rusun Pasar Rumput Siap Digunakan

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sulawesi I Hujurat mengatakan rusun satu tower Unima di Tondano telah memasuki tahap finishing.

"Kami juga sudah meminta agar para pekerja bangunan tetap memperhatikan kerapihan pada setiap bagian-bagian yang dikerjakan, sehingga apa yang dikerjakan menghasilkan kualitas yang baik dan bisa memberi kesan dan kenyamanan bagi penghuni nantinya," ujar dia.

Adapun spesifikasi rusun mahasiswa Unima ini terdiri satu tower setinggi tiga lantai dengan tipe 24 sebanyak 43 unit hunian.

Kementerian PUPR telah melengkapi rusun tersebut dengan meubelair yang memiliki kualitas baik seperti tempat tidur susun, lemari pakaian, dan meja belajar.

Di dalam setiap unit juga tersedia kamar mandi dan bisa menampung delapan orang di setiap unitnya.

Di usun ini juga disediakan kamar khusus untuk panyandang disabilitas sebanyak dua unit dengan meubelair yang baik, kamar mandi dan bisa menampung empat orang.

Sebagai informasi, Rusun tersebut dibangun secara Multi Years Contract (MYC) tahun 2020-2021 dan dikerjakan oleh PT Sagita Utama Lestari sebagai kontaktor pelaksana.

Waktu pelaksanaan pembangunan Rusun ini selama 330 hari kerja dengan nilai kontrak Rp 14,63 miliar.

Lokasi rusun ini berada di Kompleks Unima Jalan Unima, Kelurahan Tonsaru, Kecamatan Tondano Selatan, Kabupaten Minahasa.

“Tahap pekerjaan di lapangan tinggal pekerjaan finishing akhir pada bagian-bagian tertentu pada Rusun tersebut," ujar Hujurat. 

Hujurat menambahkan mahasiswa nantinya tinggal hanya membawa pakaian mereka karena Rusun ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap.

Dengan fasilitas yang lengkap dan tempat tinggal yang nyaman nantinya para mahasiswa bisa lebih fokus belajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com