Kompas.com - 23/06/2021, 14:00 WIB
Politeknik Pariwisata Medan menjadi salah satu pendukung dan pendamping Desa Wisata Denailama dan Pematangjohar. Kesepakatannya ditandatangani Kepala Desa Pematangjohar Sudarman, Kepala Desa Denailama Parnu dan Direktur Politeknik Pariwisata Medan Anwari Masatip, Rabu (23/6/2021) Dok: Poltekpar MedanPoliteknik Pariwisata Medan menjadi salah satu pendukung dan pendamping Desa Wisata Denailama dan Pematangjohar. Kesepakatannya ditandatangani Kepala Desa Pematangjohar Sudarman, Kepala Desa Denailama Parnu dan Direktur Politeknik Pariwisata Medan Anwari Masatip, Rabu (23/6/2021)

MEDAN, KOMPAS.com - Desa wisata adalah salah satu program pengembangan pariwisata yang sedang digalakkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Tujuan dibentuknya desa wisata adalah memberdayakan masyarakat menjadi pelaku langsung dalam mengelola potensi wisata di wilayahnya. Pengembangan desa wisata baiknya didukung semua pihak, termasuk kampus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Politeknik Pariwisata Medan pun berinisiatif menjadi salah satu pendukung dan pendamping Desa Wisata Denailama dan Pematangjohar.

Kesepakatannya ditandatangani pada 12 Juni 2021 oleh Kepala Desa Pematangjohar Sudarman, Kepala Desa Denailama Parnu dan Direktur Politeknik Pariwisata Medan Anwari Masatip yang didampingi Wakil Direktur 3 Zumry Sultony serta Emrizal dan Rahmat dari Program Studi Pascasarjana Politeknik Pariwisata Medan.

Baca juga: SMF Biayai Program Homestay Kemenparekraf di Desa-desa Wisata

Kesepakatan menyetujui fokus kerja meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang pariwisata dan membangun desa menjadi destinasi wisata.

Ini adalah awal dan menjadi payung hukum, juga menjadi implementasi Tridharma Perguruan Tinggi.

Anwari mengatakan, Politekni Pariwisata Medan melakukan penelitian untuk menggali potensi-potensi yang dimiliki Desa Denailama dan Pematangjohar.

Kemudian menganalisa langkah-langkah apa yang harus dilakukan, selanjutnya mencari ide untuk meningkatkan potensi yang sudah ada saat ini.

Tapi, hal yang paling utama adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pariwisata untuk penghasilan, tidak instan.

"Sifatnya berkelanjutan apabila dipelihara dengan baik,” kata Anwari kepada Kompas.com dalam pesan singkatnya, Rabu (23/6/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.