Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2018, 21:38 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Louka merupakan kawasan pedesaan di sebelah selatan wilayah Moravia, Republik Ceko. Desa ini hanya dihuni oleh 70 orang. Namun berkat tangan kreatif Anezka Kasparkova, desa ini menjadi lebih hidup.

Di desa ini masih banyak ditemukan bangunan-bangunan tradisional Moravia. Mayoritas rumah dan bangunan publik di desa ini berwarna putih, kontras dengan lukisan berwarna biru cerah yang dibuat oleh Anezka.

 Mayoritas rumah dan bangunan publik di desa ini berwarna putih, kontras dengan lukisan berwarna biru cerah yang dibuat oleh Anezka. Mayoritas rumah dan bangunan publik di desa ini berwarna putih, kontras dengan lukisan berwarna biru cerah yang dibuat oleh Anezka.

Anezka Kasparkova yang pada tahun ini berusia 92 tahun, merupakan seorang sosok populer dan viral di media sosial berkat hasil lukisannya di dinding rumah tua Louka. Dia sudah menekuni kebiasaan ini sejak pensiun dari pekerjaannya di bidang pertanian.

Semenjak saat itu ia selalu menyempatkan diri untuk melukis. Anezka menggunakan dinding rumah sebagai kanvas, dan memanfaatkan waktu di musim semi dan panas untuk menghias rumah tetangga.


Di usianya yang sudah tak lagi muda, Anezka mencoba menghabiskan sebagian besar waktu luangnya melakukan hal yang paling dia sukai, yaitu melukis dengan motif tradisional.

Meski sudah renta dan tangannya tak lagi kuat, namun Anezka berhasil mempercantik rumah-rumah di desanya dengan desain tradisional yang tergolong rumit.

Dia biasa menggambar seni melukis motif khas Moravia yang menonjolkan gambar bunga dengan warna biru terang di dinding bangunan rumah-rumah Louka.

Anezka Kasparkova Anezka Kasparkova
Ruang favoritnya adalah kapel desa. Uniknya, Anezka tidak pernah merancang desain gambarnya terlebih dahulu. Dia langsung menggariskan kuas di permukaan dinding-dinding rumah Louka.

Dia mengaku belajar seni dan kerajinan dari seorang wanita bernama Manakova. Saat Manakova meninggal, Anezka memutuskan untuk melanjutkan karya-karyanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com