Kompas.com - 18/06/2021, 17:00 WIB
Kementerian PUPR mendorong pengembang perumahan membuat fasilitas olahraga di setiap perumahan, salah satunya seperti lapangan gateball Kementerian PUPRKementerian PUPR mendorong pengembang perumahan membuat fasilitas olahraga di setiap perumahan, salah satunya seperti lapangan gateball

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong pengembang perumahan menyediakan fasilitas umum berupa lahan untuk sarana olahraga bagi para penghuninya.

Salah satu cabang olahraga yang kini tengah dikembangkan oleh Kementerian PUPR adalah olahraga gateball.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami ingin agar di setiap perumahan yang dibangun pengembang nanti disediakan lapangan gateball meskipun hanya satu lapangan saja," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid dalam keterangannya, Jumat (18/06/2021).

Khalawi menerangkan, adanya penetapan susunan pengurus Pergatsi ini diharapkan dapat mendorong semangat masyarakat untuk lebih mengenal olahraga gateball khususnya di Provinsi Sumatera Barat.

Baca juga: Pilihan Rumah Rp 150 Jutaan hingga Puluhan Miliar di Click & Stay

Perkembangan olahraga gateball di Indonesia perlu mendapat dukungan dari semua pihak baik masyarakat termasuk pengembang perumahan.

Para pengembang yang tergabung dalam REI, Apersi, Himperra dan asosiasi lain diharapkan bisa menyediakan fasilitas umum untuk masyarakat berupa lahan untuk olahraga seperti gateball ini.

Saat ini, imbuhnya, sejumlah pengembang perumahan seperti Sinarmas Land dan Alam Sutera juga telah menyediakan sarana olahraga ini.

Sementara, kompleks perumahan di Pamulang bahkan sudah mengadakan kompetisi gateball sehingga Khalawi yakin olahraga ini bisa lebih dikembangkan di masa depan.

Gateball memiliki kemiripan dengan olahraga golf namun tidak memerlukan biaya yang mahal.

Olahraga yang merupakan modifikasi dari olahraga kriket ini dikembangkan pertama kali di Jepang dan mulai menyebar luas ke seluruh dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.