Meski Cuaca Ekstrem, Pembangunan Jalan Nasional di NTT Lampaui Target

Kompas.com - 13/04/2021, 17:30 WIB
Pembangunan paket proyek peningkatan struktur jalan Pantura Flores yakni Pota ? Waekelambu, di wilayah Flores bagian barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga saat ini terus berlanjut. Sigiranus Marutho Bere/Kompas.comPembangunan paket proyek peningkatan struktur jalan Pantura Flores yakni Pota ? Waekelambu, di wilayah Flores bagian barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga saat ini terus berlanjut.

KUPANG, KOMPAS.com - Pembangunan proyek peningkatan struktur Jalan Pantura Flores yakni Pota-Waekelambu, di wilayah Flores bagian barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga saat ini terus berlanjut.

Pejabat pembuat komitmen 3.3 Provinsi NTT Mahma mengatakan, proyek yang dikerjakan melewati dua kecamatan dan dua kabupaten yaitu Kecamatan Elar di Kabupaten Manggarai Timur dan Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mahma menjelaskan, pagu anggaran proyek peningkatan struktur Jalan Pantura Flores Pota-Waekelambu, Batas Kabupaten, ini sebesar Rp 27,1 miliar.

Baca juga: Pemda NTT Diminta Siapkan Lahan Relokasi Warga Terdampak Bencana Alam

"Panjang jalan ini sejauh enam kilometer oleh pelaksana PT Wijaya Graha Prima dengan konsultan supervisi PT Diantama Rekanusa," ujar Mahma kepada Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Proyek ini mulai dikerjakan sejak 4 Januari 2021 lalu dan rencananya akan berakhir pada 21 Desember 2021 mendatang.

Progres fisik per tanggal 11 April 2021 sebesar 36.04 persen dari rencana 29.27 persen.

Menurut Mahma, kendala yang dihadapi pihaknya dalam mengerjakan jalan tersebut yakni adanya cuaca ekstrem berupa badai dan hujan lebat.

Akibatnya akses jalan cukup susah, karena kondisi fisik cenderung berlumpur.

Selain itu, kondisi jalan yang berdekatan dengan pantai, apabila kondisi hujan dan pasang, akan digenangi air luapan.

"Meski begitu, pekerjaan terus berlanjut. Saya optimistis proyek itu selesai tepat waktu," tuntas Mahma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.