Basuki Targetkan Konstruksi UIII Tahap 2 Tuntas Akhir Juni 2021

Kompas.com - 04/03/2021, 06:00 WIB
Progres konstruksi Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Dok. Kementerian PUPR.Progres konstruksi Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan, pembangunan tahap II Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Depok, Jawa Barat tuntas akhir Juni 2021.

"Pembangunan tahap II diupayakan untuk dapat selesai sesuai target yaitu pada akhir Juni 2021," ucap Basuki dikutip dalam laman Kementerian PUPR, Rabu (3/3/2021).

Perlu diketahui, pembangunan UIII dilaksanakan dalam 2 tahap, di mana tahap I dikerjakan oleh Kementerian Agama dengan anggaran sebesar Rp 714 miliar.

Sementara tahap II dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya dengan lingkup pekerjaan berupa masjid, gedung perpustakaan, dan apartemen mahasiswi dengan total biaya Rp 367 miliar.

Pada pembangunan masjid, fasilitas tersebut terdiri dari dua lantai seluas 5.200 meter persegi dengan kapasitas tampung 1.880 jemaah.

Kemudian, pembangunan perpustakaan pusat 8 lantai seluas 16.556 meter persegi dengan kapasitas 1.000 orang yang dikerjakan oleh PT PP (Persero) Tbk.

Adapun alokasi anggaran untuk masjid dan perpustakaan senilai Rp 254,9 miliar dengan progres 66,45 persen.

Baca juga: Asrama Putri UIII Dirancang Layaknya Hotel Berbintang

Untuk pembangunan apartemen bagi mahasiswa blok I seluas 12.652meter persegi yang terdiri dari 8 lantai dengan total 268 unit kamar.

Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan apartemen tersebut senilai Rp 120 miliar yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero).

Hingga kini, progres konstruksi apartemen telah mencapai 77,88 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X