Kejar Jepang, Indonesia Ciptakan Insinyur Unggul Melalui Politeknik PU

Kompas.com - 11/02/2021, 13:00 WIB
Mahasiswa di Politeknik Pekerjaan Umum (PU). Dok. Kemeterian PUPR.Mahasiswa di Politeknik Pekerjaan Umum (PU).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak dapat dimungkiri, Jepang merupakan salah satu kiblat konstruksi di Asia.

Banyak insinyur dan perusahaan konstruksi Negeri Matahari Terbit ini yang menghasilkan karya fenomenal sekaligus monumental.

Tak hanya di dalam negeri, juga mancanegara. Bahkan di Indonesia, insinyur-insinyur Jepang terkenal unggul, disiplin, dan memiliki etos kerja tinggi.

Karya-karya mereka bisa kita nikmati dengan aman, dan nyaman. Terutama di bidang konstruksi transportasi dan konektivitas, properti, hingga terkait energi terbarukan.

Wakil Menteri Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT) Jepang Kunihiro Yamada mengatakan saat ini, Jepang memiliki 45,5 persen engineer atau insinyur profresional yang bekerja di bidang konstruksi.

Baca juga: Kementerian PUPR Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik PU

" Insinyur profesional di Jepang adalah seseorang yang terdaftar di bawah Professional Engineer Act," kata Kunihiro melalui telekonferensi sharing knowledge (berbagi pengetahuan) bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mohammad Zainal Fatah, Rabu (10/2/2021).

Untuk mengejar ketinggalan dari Jepang dan mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul di bidang konstruksi, Indonesia pun membangun Politeknik Pekerjaan Umum (PU).

Fatah mengatakan, Politeknik PU ini mulai dikembangkan Tahun 2019 dan memiliki tiga program yakni, training vokasional, sekolah vokasional, serta Magister Super Spesialis.

Training vokasional dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada untuk pengembangan knowledge management (manajemen pengetahuan) dan job training (pelatihan kerja)

Training vokasional dilakukan baik dengan metode blended learning, full e-learning, dan  sertifikasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X