Kementerian PUPR Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik PU

Kompas.com - 18/05/2020, 12:07 WIB
Politeknik Pekerjaan Umum (PU), Semarang, Jawa Tengah. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRPoliteknik Pekerjaan Umum (PU), Semarang, Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Politeknik Pekerjaan Umum ( PU) membuka kesempatan bagi para lulusan SMA/SMK/MA Kejuruan atau yang sederajat untuk mengikuti proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2020/2021.

Pendaftaran tersebut dibuka mulai 20 Mei hingga 22 Juni 2020 secara daring dengan mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah berkas administrasi.

Kelulusan seleksi calon mahasiswa Politeknik PU akan diumumkan secara terbuka pada tanggal 5 Agustus 2020.

Pembukaan masa PMB ini bertujuan untuk mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan salah satu dari lima program prioritas Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

"Kami ingin Politeknik ini menjadi unggulan tidak hanya di Jawa Tengah, tapi juga di Indonesia karena ini milik rakyat Indonesia,” ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dikutip Kompas.com dalam laman Kementerian PUPR, Senin (18/5/2020).

Basuki menjelaskan, pendirian Politeknik PU sebagai Politeknik unggulan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan spesialis bidang PU yang terbaik.

Direktur Politeknik PU Prof. Indratmo mengatakan, seleksi PMB Politeknik PU kali ini tidak dilaksanakan melalui tes tertulis tetapi dengan menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan jalur undangan prestasi akademik dan non-akademik.

“PMB Politeknik PU TA 2020/2021 secara rinci akan dibuka melalui empat jalur penerimaan, yakni, jalur nilai UTBK yang menggunakan nilai raport dan nilai UTBK, jalur prestasi akademik yang menggunakan nilai raport dan prestasi akademik, serta jalur prestasi non-akademik yang menggunakan nilai rapor dan prestasi non-akademik seperti prestasi olahraga, kesenian dan minat bakat,” ucap Indratmo.

Politeknik PU TA 2020/2021 menerima 150 mahasiswa baru untuk tiga program studi, meliputi Teknologi Konstruksi Bangunan Air, Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan, dan Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung.

Masing-masing program studi nantinya akan menampung sebanyak 50 orang.

Baca juga: Kementerian PUPR Gelar Uji Kompetensi Jasa Konstruksi di PNJ Depok

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X