MBR Bergaji Maksimal Rp 8 Juta Per Bulan Bisa Beli Rumah Subsidi Ini

Kompas.com - 11/02/2021, 07:00 WIB
Permata Puri Harmoni 2, Cileungsi, Bogor. Vista LandPermata Puri Harmoni 2, Cileungsi, Bogor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan rumah layak huni, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sangat tinggi, dengan angka backlog 9 juta-10 juta unit.

Untuk membantu pemerintah mengatasi defisit tersebut, Vista Land membangun perumahan subsidi Permata Puri Harmoni 2 yang berlokasi di kawasan Situsari, Cileungsi, Bogor.

Pada tahun ini, ditawarkan rumah dengan ukuran 29/60 meter persegi dengan patokan harga Rp 168 juta per unit.

Direktur Permata Puri Harmoni 2 Vera Aryani mengatakan, rumah subsidi ini bisa diakses MBR yang memiliki pendapatan maksimal Rp 8 juta per bulan.

Baca juga: 5 Pilihan Rumah Subsidi, Lokasi Jabodetabek, Cicilan Mulai Rp 800.000 Per Bulan

"Bisa per individu, bisa kombinasi suami dan istri. Maksimal gaji Rp 8 juta per bulan," tutur Vera dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Dalam simulasi yang dilakukan Kompas.com, jika konsumen melakukan pembayaran dengan memanfaatkan fasilitas KPR dan tenor maksimal hingga 20 tahun, cicilan per bulan yang harus dibayarkan sekitar Rp 800.000 hingga Rp 1 juta per bulan.

KPR adalah metode pembiayaan yang banyak dipilih konsumen Perata Puri Harmoni2. Tak hanya untuk rumah subsidi, juga rumah komersial dengan harga maksimal Rp 300 juta per unit.

Dari total 1.400 rumah yang terjual di Permata Puri Harmoni 2 sejak tahun 2018, 90 persen pembeli menggunakan fasilitas KPR.

Adapun pada tahun 2021 ini, Vista Land menargetkan dapat menjual dan mengakadkan KPR untuk 500 unit.

Sebagai informasi, perumahan ini dikembangkan di atas lahan seluas 30 hektar. Rencananya, dibangun 3.000 unit. Hingga saat ini sudah 1.115 unit terbangun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X