PPKM Berbasis Mikro Berlaku Kamis, Cek Perubahan Jadwal MRT Jakarta

Kompas.com - 10/02/2021, 22:00 WIB
Warga duduk dengan menerapkan social distancing atau saling menjaga jarak guna mencegah penyebaran virus corona di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (20/3/2020). PT MRT Jakarta (Perseroda) mengimbau para penumpang untuk menjaga jarak aman dengan penumpang lainnya, minimal dalam radius satu meter. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGWarga duduk dengan menerapkan social distancing atau saling menjaga jarak guna mencegah penyebaran virus corona di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (20/3/2020). PT MRT Jakarta (Perseroda) mengimbau para penumpang untuk menjaga jarak aman dengan penumpang lainnya, minimal dalam radius satu meter.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta memastikan perubahan operasional kereta MRT  mulai Kamis (11/02/2021).

Perubahan dilakukan seiring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro sebagai strategi baru untuk mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19.

Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi mengatakan, perubahan jadwal operasional kereta sebagai bentuk dukungan atas upaya pemerintah dalam menanggulangi sebaran virus Covid-19 lebih lanjut.

"Perubahan operasional ini dilakukan guna mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19," kata Effendi dalam keterangan tertulis, Rabu (10/02/2021).

Baca juga: Tahun Ini, MRT Jakarta Targetkan 65.000 Penumpang Per Hari

Perubahan jadwal operasional yang berlaku tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 65 Tahun 2021.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka perubahan kebijakan layanan operasi MRT Jakarta meliputi:

Untuk jam operasional kereta MRT pada hari kerja yaitu Senin sampai Jumat akan mulai beroperasi pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB.

Sementara untuk operasional kereta MRT pada hari libur yaitu Sabtu-Minggu akan beroperasi pukul 06.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB.

Untuk jarak antar-kereta (headway) pada jam sibuk kerja berlaku setiap lima menit sekali yaitu pada pukul 07.00 WIB sampai 09.00 WIB dan pukul 17.00 WIB sampai 19.00 WIB.

Sementara di luar jam sibuk dan akhir pekan, headway kereta MRT akan beroperasi dengan jarak setiap 10 menit sekali.

Selanjutnya, pembatasan jumlah pengguna kereta untuk setiap gerbongnya akan dibatasi hanya terisi 62 sampai 67 orang per gerbong, atau 390 orang per rangkaian kereta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X